sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Tuesday, July 28, 2015

Tentang Power Bank

Pertanyaan Umum yang sering dijumpai adalah

1.        Apakah power bank itu ?
Power bank adalah device yang dapat digunakan untuk melakukan pengisian baterai berbagai macam gadget seperti handphone, smartphone, PSP, GPS Navigator dan lainnya. Pada perangkat power bank terdapat cell baterai yang akan menampung energi listrik yang kemudian dapat dipindahkan ke baterai gadget lainnya. Penggunaan power bank adalah jika kita sedang mobile dan pada baterai gadget kita sedang low maka dapat menggunakan power bank untuk menggisi baterai gadget tersebut.

2.        Apakah ukuran mAh itu ?
Ukuran mAh (milliampere-hour) menunjukan ukuran kapasitas baterai. Makin tinggi ukuran mAh menunjukkan kapasitas baterai semakin besar. 
Hal yang sangat mengkhawatirkan adalah pada pasaran Indonesia terdapat berbagai macam merk yang mencantumkan ukuran yang besar misalnya 5600 mAh, tetapi pada kenyataanya hanya 3000 mAh.
Untuk itu sebagai pembeli harus jeli misalnya dengan menguji pada perangkat yang mempunyai baterai dengan kapasitas yang besar misalanya iPad atau Samsung Tab. Sebagai patokan power bank 5600 mAh seharusnya dapat men-charge 53% - 60% baterai iPad2 yang berkapasitas 6500 mAh. Adanya sebagian daya yang hilang pada saat perpindahan adalah hal yang wajar.

3.        Gadget apa yang dapat di charge menggunakan power bank ?
Pada perangkat power bank biasanya disediakan berbagai macam connector misalnya connector iPhone, Sony Erickson, Samsung 20 pin, Nokia DC2.0 dan lain-lain. Connector ini yang menentukan apakah suatu gadget dapat di charge dengan menggunakan power bank tersebut. Untuk itu sebelum membeli, pastikan connector untuk gadget anda ada pada paket pembelian tersebut.

4.        Apakah fungsi dari power bank ?
Selain berfungsi untuk keperluan mengisi baterai gadget secara portable, power bank juga biasanya berfungsi sebagai senter. Pada beberapa jenis power bank dapat dipilih beberapa mode senter misalnya mode kelap - kelip dan lainya

5.        Hal apa yang harus diperhatikan sebelum membeli produk power bank ?
Sebagai konsumen yang bijak, sebelum membeli power bank, beberapa hal yang perlu diperhatikan :
a.        Kapasitas power bank 
Makin besar kapasitas (mAh) adalah makin baik dan tentu saja harganya semakin besar. Jangan hanya percaya pada apa yang tertulis pada packingnya, tetapi ujilah daya isinya pada perangkat gadget seperti Samsung Tab dan iPad. 

b.        Kelengkapan Connector
Kelengkapan Connector ini menentukan jenis gadget yang dapat diisi dengan menggunakan power bank tersebut. Pada beberapa merk power bank, connector ini dapat juga dibeli secara terpisah yang tentu saja dengan biaya tambahan.

c.        Feature Auto Shut Off
Feature Auto Shut Off, menentukan setelah baterai terisi penuh (baik baterai power bank maupun baterai gadget), apakah akan otomatis dihentikan pengisiannya (biasanya di-indikasikan dengan matinya lampu indikator).

d.        Jaminan After Sales
Seperti semua produk elektronik lainnya, selain komponen baterai, pada power bank juga terdapat kompenen IC yang tidak tertutup kemungkinan memiliki cacat produksi sehingga jaminan after sales sangat penting.

e.        Design
Design yang menarik dan elegan serta mudah dibawah tentu saja juga merupakan faktor yang juga penting dan perlu dipertimbangkan pada saat pembelian.


No comments:

Post a Comment