A. Kompetensi Dasar
3.19.
Menilai perkembangan usaha
B.
Indikator
3.19.1. Menjelaskan Model pengembangan Usaha
3.19.2. Mengidentifikasi Rencana Pengembangan Usaha
3.19.3. Menganalisis Perkembangan usaha
C.
Materi Pokok
1)
Pengertian pengembangan Usaha
Pengembangan suatu usaha
adalah tanggung jawab dari setiap pengusahaatau wirausaha yang membutuhkan
pandangan kedepan, motivasi dan kreativitas(Anoraga, 2007:66). Jika hal ini
dapat dilakukan oleh setiap wirausaha, maka besarlah harapan untuk dapat menjadikan
usaha yang semula kecil menjadi skalamenengah bahkan menjadi sebuah usaha
besar.Kegiatan bisnis dapat dimulai dari merintis usaha (starting),
membangunkerjasama ataupun dengan membeli usaha orang lain atau yang lebih
dikenal dengan franchising.
Namun yang perlu
diperhatikan adalh kemana arah bisnistersebut akan dibawa. Maka dari itu,
dibutuhkan suatu pengembangan dalammemperluaskan dan mempertahankan bisnis
tersebut agar dapat berjalan dengan baik. Untuk melaksanakan pengembangan
bisnis dibutuhkan dukungan dari berbagai aspek seperti bidang produksi dan
pengolahan, pemasaran, SDM,teknologi dan lain-lain
2)
Tahapan Pengembangan Usaha
Menurut Pandji Anoraga
(2007:90), ada beberapa tahapan pengembangan usaha antara lain :
Tahap I : Identifikasi Peluang
Informasi biasanya dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti :
1.
Rencana Perusahaan
2.
Saran dan usul manajemen kecil
3.
Program dan pemerintah
4.
Hasil berbagai riset peluang usaha
5.
Kadin atau asosiasi usaha sejenis .
Tahap II: Merumuskan
alternatif usaha
Setelah informasi berkumpul dan dianalisis maka pimpinan perusahaanatau
manajer usaha dapat dirumuskan usaha apa saja yang mungkin dapat dibuka.
Tahap III: Seleksi
Altenatif
Alternatif yang banyak selanjutnya harus dipilih satu atau beberapa
alternatif yang terbaik dan prospektif. Untuk usaha yang prospektif dasar
pemilihannya antara lain dapat menggunakan kriteria sebagai berikut :
1.
Ketersediaan Pasar
2.
Resiko Kegagalan
3.
Harga
Tahap IV : Pelaksanaan
Alternatif Terpilih
Setelah penentuan alternatif maka tahap selanjutnya pelaksanaan
usahayang terpilih.
Tahap V : Evaluasi
Evaluasi dimaksud untuk memberikan koreksi dan perbaikan terhadapusaha
yang dijalankan. Di samping itu juga diarahkan untuk dapat memberikanmasukan
bagi perbaikan pelaksanaan usaha selanjutnya.
3)
Menilai Perkembangan Usaha
Usaha yang mengalami kemajuan adalah harapan setiap
pengusaha. Ada kepuasan tersendiri bila usaha yang di rintis dengan segenap
tenaga dan pikiran mengalami kemajuan. Tapi di balik semua itu masih banyak
pengusaha yang sudah lama menjalani bidang usaha atau bisnis dengan hasil yang
belum memuaskan. Omzet yang di dapat belum meningkat atau malah menurun
drastis. Kenapa ?
Usaha yang berkembang dapat
dilihat, jika :
1.
Dapat dilihat dari jumlah pelanggan dari waktu ke waktu mengalami
peningkatan.
Hal ini berarti banyaknya peminat atau konsumen yang menyukai toko atau
produk anda.
2.
Jenis dan jumlah barang / jasa yang di jual semakin bertambah.
Ini menandakan keuntungan dari penjualan anda selama ini mencapai target
yang di ingini.
3.
Jangkauan Penjualan semakin luas.
Semakin hari semakin banyaknya pelanggan usaha anda yang datang dari
luar rayon anda ini menandakan usaha anda semakin di kenal. Agar usaha anda
bisa di kenal luas anda bisa menggunakan Iklan di media atau bisa juga dengan
menggunakan layanan internet .
4.
Modal yang di miliki semakin banyak.
Seiring berkembangnya usaha anda yang di tandai dengan bertambahnya
modal usaha. Anda bisa membuka cabang usaha tanpa perlu melakukan pinjaman
modal.
5.
Aset usaha atau barang berhargapun bertambah.
Berkembangnya usaha anda bisa di lihat dengan bertambahnya barang2
aktiva dan barang berharga lainnya yang dapat anda gunakan untuk kelangsungan
usaha anda jangka panjang.
Referensi lain :
3.11. Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal
3.12. Menerapkan proses produksi massal
3.13. Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa
3.14. Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
3.15. Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
3.16. Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa.
3.17. Menentukan media promosi
3.18. Menyeleksi strategi pemasaran
3.19. Menilai perkembangan usaha
waduh pak guru, ini materi kan keberhasilan usaha, bukan penilaian perkembangan usaha
ReplyDeleteterima kasih koreksinya
Delete