Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Wednesday, September 23, 2020

Modul 19. Menilai perkembangan usaha

 A.      Kompetensi Dasar 

3.19.        Menilai perkembangan usaha 

B.       Indikator 

3.19.1. Menjelaskan Model pengembangan Usaha 

3.19.2. Mengidentifikasi Rencana Pengembangan Usaha 

3.19.3. Menganalisis Perkembangan usaha 

C.      Materi Pokok 

1)        Pengertian pengembangan Usaha

Pengembangan suatu usaha adalah tanggung jawab dari setiap pengusahaatau wirausaha yang membutuhkan pandangan kedepan, motivasi dan kreativitas(Anoraga, 2007:66). Jika hal ini dapat dilakukan oleh setiap wirausaha, maka besarlah harapan untuk dapat menjadikan usaha yang semula kecil menjadi skalamenengah bahkan menjadi sebuah usaha besar.Kegiatan bisnis dapat dimulai dari merintis usaha (starting), membangunkerjasama ataupun dengan membeli usaha orang lain atau yang lebih dikenal dengan franchising.

Namun yang perlu diperhatikan adalh kemana arah bisnistersebut akan dibawa. Maka dari itu, dibutuhkan suatu pengembangan dalammemperluaskan dan mempertahankan bisnis tersebut agar dapat berjalan dengan baik. Untuk melaksanakan pengembangan bisnis dibutuhkan dukungan dari berbagai aspek seperti bidang produksi dan pengolahan, pemasaran, SDM,teknologi dan lain-lain

2)        Tahapan Pengembangan Usaha

Menurut Pandji Anoraga (2007:90), ada beberapa tahapan pengembangan usaha antara lain :

Tahap I  : Identifikasi Peluang

Informasi biasanya dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti :

1.         Rencana Perusahaan

2.         Saran dan usul manajemen kecil

3.         Program dan pemerintah

4.         Hasil berbagai riset peluang usaha

5.         Kadin atau asosiasi usaha sejenis .

Tahap II: Merumuskan alternatif usaha

Setelah informasi berkumpul dan dianalisis maka pimpinan perusahaanatau manajer usaha dapat dirumuskan usaha apa saja yang mungkin dapat dibuka.

Tahap III: Seleksi Altenatif

Alternatif yang banyak selanjutnya harus dipilih satu atau beberapa alternatif yang terbaik dan prospektif. Untuk usaha yang prospektif dasar pemilihannya antara lain dapat menggunakan kriteria sebagai berikut :

1.         Ketersediaan Pasar

2.         Resiko Kegagalan

3.         Harga

Tahap IV : Pelaksanaan Alternatif Terpilih

Setelah penentuan alternatif maka tahap selanjutnya pelaksanaan usahayang terpilih.

Tahap V : Evaluasi

Evaluasi dimaksud untuk memberikan koreksi dan perbaikan terhadapusaha yang dijalankan. Di samping itu juga diarahkan untuk dapat memberikanmasukan bagi perbaikan pelaksanaan usaha selanjutnya.

3)        Menilai Perkembangan Usaha

Usaha yang mengalami kemajuan adalah harapan setiap pengusaha. Ada kepuasan tersendiri bila usaha yang di rintis dengan segenap tenaga dan pikiran mengalami kemajuan. Tapi di balik semua itu masih banyak pengusaha yang sudah lama menjalani bidang usaha atau bisnis dengan hasil yang belum memuaskan. Omzet yang di dapat belum meningkat atau malah menurun drastis. Kenapa ?

Usaha yang berkembang dapat dilihat, jika :

1.         Dapat dilihat dari jumlah pelanggan dari waktu ke waktu mengalami peningkatan.

Hal ini berarti banyaknya peminat atau konsumen yang menyukai toko atau produk anda.

2.         Jenis dan jumlah barang / jasa yang di jual semakin bertambah.

Ini menandakan keuntungan dari penjualan anda selama ini mencapai target yang di ingini.

3.         Jangkauan Penjualan semakin luas.

Semakin hari semakin banyaknya pelanggan usaha anda yang datang dari luar rayon anda ini menandakan usaha anda semakin di kenal. Agar usaha anda bisa di kenal luas anda bisa menggunakan Iklan di media atau bisa juga dengan menggunakan layanan internet .

4.         Modal yang di miliki semakin banyak.

Seiring berkembangnya usaha anda yang di tandai dengan bertambahnya modal usaha. Anda bisa membuka cabang usaha tanpa perlu melakukan pinjaman modal.

5.         Aset usaha atau barang berhargapun bertambah.

Berkembangnya usaha anda bisa di lihat dengan bertambahnya barang2 aktiva dan barang berharga lainnya yang dapat anda gunakan untuk kelangsungan usaha anda jangka panjang. 


Referensi lain :

3.11. Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal

3.12. Menerapkan proses produksi massal

3.13. Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa

3.14. Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa

3.15. Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan 

3.16. Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa. 

3.17. Menentukan media promosi 

3.18. Menyeleksi strategi pemasaran 

3.19. Menilai perkembangan usaha 

3.20. Menentukan standard laporan keuangan 

2 comments:

  1. waduh pak guru, ini materi kan keberhasilan usaha, bukan penilaian perkembangan usaha

    ReplyDelete