sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Wednesday, September 23, 2020

Modul 16. Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa

A.      Kompetensi Dasar 

3.16.        Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa. 

B.       Indikator 

3.16.1. Menjelaskan paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa 

3.16.2. Menganalisis paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa 

C.      Materi Pokok 

1.         Deskriptif 

Paragraf deskriptif adalah sebuah paragraf yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar para pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu. Paragraf deskripsi ini menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinciAspek yang digambarkan bisa tentang keindahan alamkeadaan jasmaniwatakatau perasaan seseorang. 

Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf argumentasi yakni untuk meyakinkan serta mempengaruhi pembaca agar mempunyai pendapat yang sama dengan pendapat penulis. 

Paragraf naratif adalah jenis karangan yang mengungkapkan suatu kisahperistiwaatau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kejadian atau peristiwa. Paragraf naratif merupakan paragraf yang berisi tentang pemaparan suatu kejadian yang dirangkai dalam kesatuan waktu. 

Paragraf persuasif adalah paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhimengimbau, membujuk, atau merayu pembaca sehingga terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis. Paragraf persuasif merupakan sebagian dari macam-macam paragraf  atau jenis-jenis paragraf. 

Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihal lain, yang pada dasarnya bersifat tidak berwujud fisik (intangible) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Produk jasa bisa berhubungan dengan produk fisik maupun tidak. 

2.         Argumentasi 

Kondisi lain yang membuatnya menjadi semakin menjanjikan adalah struktur alam Indonesia. Ketika musim hujan, jalanan menjadi becek bahkan berlumpur, sehingga motor jadi mudah kotor. Sedangkan saat musim kemarau, berbagai debu dan kotoran beterbangan, pun menimbulkan dampak serupa. 

Selanjutnya pada masa liburan, banyak orang khususnya anak muda, suka pergi berlibur dengan kendaraan bermotor karena di anggap lebih praktis dan murah. Setelah itu, tentu motor yang di gunakan juga akan mudah kotor dan harus cepat mereka bersihkan. Akibatnya, peluang usaha cuci motor makin laris dan sering di kunjungi oleh konsumen. 

Tidak dapat kita pungkiri, memang sudah banyak pelaku bisnis tersebut kita temui di berbagai tempat, terutama sekitar kawasan perkotaan. 

3.         Naratif 

Akan tetapi bisnis ini tetap saja memiliki prospek masa depan cerah. Seperti yang telah di sebutkan di atas, jumlah pengguna motor terus bertambah. Resikonya pun tergolong sangat minim. 

Perihal lokasinya sendiri, apalagi jika belum tersedia modal cukup besar, bisa Anda rintis dari rumah sendiri. 

Selain lokasi atau lahan, kebutuhan lain yang perlu di siapkan adalah aneka macam peralatan cuci seperti hidrolik lift, tabung salju, kompresor, mesin steam air, selang, shampoo motor, lap dan lainnya. Untuk hidrolik lift, karena cenderung berharga mahal, sementara dapat kita ganti dengan papan dari kerangka besi. 

4.         Persuasif 

Mungkin banyak dari kita tidak menyadari jika peluang usaha cuci motor dapat di gabungkan dengan bidang bisnis berkaitan lainnya semisal cuci helm. 

Sama dengan motor, setelah di pakai hingga berulang kali, helm akan mudah kotor sehingga harus di cuci agar senantiasa bersih serta nyaman di kenakan kembali. Bahkan aktivitasnya harus sering di lakukan. 

Kotoran tersebut tak cuma berasal dari debu, melainkan keringat yang muncul pada rambut dan kepala. Apalagi bagi mereka yang suka memakai minyak atau pengeras rambut. 

Orang yang mau mencuci motor, secara garis besar akan tertarik mencuci helm miliknya pula. Hal itu memungkinkan, sebab menjadi lebih praktis dan tidak membuang waktu, tenaga untuk pergi menuju ke tempat lain. 


Referensi lain :

3.11. Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal

3.12. Menerapkan proses produksi massal

3.13. Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa

3.14. Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa

3.15. Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan 

3.16. Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa. 

3.17. Menentukan media promosi 

3.18. Menyeleksi strategi pemasaran 

3.19. Menilai perkembangan usaha 

3.20. Menentukan standard laporan keuangan 

2 comments:

  1. untuk keterampilannya bagaimana Pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya, sementara anak di minta buat usaha dan di suruh untuk di mulai dari perancangan sampai alasan milih usaha tersebut.


      Kalau salah, mohon dikoreksi

      Delete