sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Wednesday, October 2, 2019

Modul 3.6. Menerapkan dasar dasar mikrokontroler


MODUL 6

A.      Kompetensi dasar
3.6    Menerapkan dasar dasar mikrokontroler
4.6   Manipulasi dasar-dasar mikrokontroler (port IO, clock, arsitektur RISK, general purpose RISK, stack pointer, SRAM, EEPROM, SREG)
B.     Indikator Pencapaian Kopetensi
3.6.1    Menjelaskan tentang arsitektur mikrokontroler
3.6.2    Menerapkan aplikasi sederhana kedalam mikrokontroler
3.6.3    Menjelaskan cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
4.6.1    Menggambar rangkaian aplikasi sederhana berbasis mikrokontroler
4.6.2    Mengisi aplikasi sederhana kedalam mikrokontroler
C.      Materi Pokok
         Arsitektur mikrokontroler
         Diagram blok dan detil pinout mikrokontroler
         Instructions set
         Microcontroller programmer/ uploader
         Rangkaian aplikasi mikrokontroler
         Program aplikasi sederhana mikrokontroler
D.     Materi
1.      Pengertian Mikrokontroler
Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
2.      Arsitektur Mikrokontroler
Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.
Contoh arsitektur microcontroller :
      Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
      Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
      Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
      Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
      Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
      Atmel, contoh: Atmel AT91 series (ARM THUMB architecture), AT90, Tiny & Mega series – AVR (Atmel Norway design), Atmel AT89 series (Intel 8051/MCS51 architecture)

Intel 80C51, keluarga Microchip PIC16xx, Philips P87CLxx dan Atmel AT89LSxx adalah contoh dari mikroprosesor yang mengadopsi arsitektur Harvard. Kedua jenis arsitektur ini masing-masing memiliki keunggulan tetapi juga ada kelemahannya. Dengan arsitektur Von Neumann ,prosesor tidak perlu membedakan program dan data. Prosesor tipe ini tidak memerlukan control bus tambahan berupa pin Input Output (I/O) khusus untuk membedakan program dan data. Karena kemudahan ini, tidak terlalu sulit bagi prosesor yang berarsitektur Von Neumann untuk menambahan peripheral eksternal seperti ADC (Analog to Digital Converter), LCD (Liquid Crystal Display), EEPROM (Electric Erasable Programmable Read Only Memory) dan perangkat I/O lainnya. Biasanya perangkat eksternal ini sudah ada di dalam satu chips, sehingga prosesor seperti ini sering disebut dengan nama mikrokontroler (microcontroller). Kelemahan arsitektur Von Neumann adalah terletak pada bus tunggalnnya, sehingga instruksi untuk mengakses program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa dilakukan berurutan. Selain itu bandwidth Arsitektur Von Neumann Keuntungan lain dengan arsitektur Von Neumann adalah pada fle pengalamatan program dan data. Biasanya program selalu ada di ROM ( Only Memory) dan data selalu ada di RAM ( Von Neumann memungkinkan prosesor untuk menjalankan program yang ada didalam memori data (RAM). Misinisialisasi yang mengisi gilirannya nanti akan dijalankan sebagai program. Sebaliknya data juga dapat disimpan di dalam memori program (ROM). Contohnya adalah data yang diletakkan di ROM. Data ini ditempatkan di ROM agar tidak hilang pada saat catu daya mati. Pada mikroprosesor data look-up-tabel atau program pengambilan data di ROM pengalamatan biasa. Pada mikroprosesor yang berarsitektur saat menjalankan instruksi bisa terjadi. Satu instruksi biasanya dieksekusi dengan urutan fetch (membaca instruksi), execute (eksekusi) dan write Modul Mikrokontroler AVR ATmega8535 – PT Bukaka Teknik overlaping untuk menjalankan dua instruksi yang program harus sama dengan bandwidth ) Random Acess Memory). Arsitektur Misalnya pada saat power on, dibuat program byte di dalam RAM. Data di dalam RAM ini pada look Von Neumann, instruksi yang membaca adalah instruksi overlapping decode (pengalamatan), read (membaca data), (penulisan data).

KONSEP MIKROKONTROLER
                
        

3.     Instruksi Sets
Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
      Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
      Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
      Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
      Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
4.      Aplikasi yang digunakan
Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya. Pada beberapa penggunaan bias ditemukan lebih dari satu prosesor didalamnya. Mikrokontroler biasanya digunakan untuk peralatan yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan pemrosesan yang tinggi. Walaupun mungkin ada diantara kita yang membayangkan untuk mengontrol oven microwave dengan menggunakan sistem berbasis Unix, mengendalikan oven microwave dapat dengan mudah menggunakan mikrokontroler yang paling kecil. Dilain pihak jika kita ingin mengendalikan rudal guna mengejar anjing tetangga yang selalu menyalak ditengah malam, kita akan memerlukan prosesor dengan kecepatan yang lebih tinggi. Sifat spesial dari mikrokontroler adalah kecil dalam ukuran, hemat daya listrik serta flexibilitasnya menyebabkan mikrokontroler sangat cocok untuk dipakai sebagai pencatat/perekam data pada aplikasi yang tidak memerlukan kehadiran operator.
5.      Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
1.   Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
2.    Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.


Aplikasi ADC pada ATMega8 dengan bahasa Bascom AVR

Contoh program :
$regfile  = “m8def.dat”
$crystal = 4000000
Config Portb = output
Config Lcd = 16 * 2
Config Lcdpin = Pin, Rs = Portd.4,E=
Portd.5, Db4 = Portd.0
Config Adc = Single, prescaler = Auto
Start Adc
‘With STOP ADC, you can remove the power from the chip’ Stop Adc
Do
Locate 1, 1
Lcd “ Nilai=”
W = Getadc (channel)
Locate 1,9
Lcd “ “
Locate 1,9
Lcd W
Waitms 100
Loop
End

6.      Berbagai Tipe Mikrokontroler
a)       Mikrokontroler ATMEL
Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com). Saat ini mikrokontroler ATMEL merupakan mikrokontroler yang paling banyak digunakan karena harganya relatif murah dan mudah didapatkan. Mikrokontroler ini dapat diprogram menggunakan port paralel atau serial. Selain itu, mikrokontroler ini dapat beroperasi hanya dengan satu chip dan beberapa komponen dasar, seperti resistor, kapasitor dan kristal. Berikut ini diberikan contoh beberapa tipe mikrokontroler ATMEL beserta fitur dan kelengkapannya.
b)      Mikrokontroler PIC
Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com). Mikrokontroler PIC dibuat pertama kali pada tahun 1975 untuk meningkatkan kinerja sistem pada I/O. Masing-masing mikrokontroler memiliki kekhasan yang berbeda dalam hal jenis memori yang digunakan, ada yang menggunakan EEPROM, ada yang menggunakan Flash memori, bahkan ada yang menggunakan OTP (One Time Programmable) atau memori sekali program.
c)       Mikrokontroler Maxim
Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com). Produknya adalah chip mikrokontroler, akuisisi data dan komponen radio frekuensi. Maxim merupakan produsen yang cukup inovatif dalam melahirkan produk-produk berteknologi tinggi, misalnya mikrokontroler 80C400 kecepatan tinggi yang mendukung jaringan komputer (computer networking). Beberapa chip mikrokontroler Maxim juga mendukung penggunaan perangkat lunak compiler berbasis bahasa C, diantaranya : Keil-C sebagai compiler C, macro assemblers, real time kernels, debuggers dan simulator di lingkungan IDE (Interface Design Environmet).
d)      Mikrokontroler Renesas
Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi. Salah satu produk mikrokontroler Renesas yang dikenal adalah R8C/Tiny Series yang termasuk keluarga M16C dan mempunyai beberapa seri antara lain R8C/10, R8C/12, yang berbeda kapasitas flash ROM dan jumlah pin I/O.
7.      Penjelasan dari bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
a)      ALU (Arithmetic and Logic Unit)
ALU berfungsi untuk menangani operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dan juga operasi logika (and, or, exor, not, dan lain-lain)
b)      Accumulator Register
Register akumulator merupakan register serbaguna yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara hasil suatu operasi aritmatika atau logika.
c)      Internal RAM (Random Access Memory)
Merupakan memori penyimpan data yang isinya dapat diubah atau dihapus. RAM biasanya berisi data-data variabel dan register. Data yang tersimpan di RAM akan hilang jika catu daya yang diberikan kepadanya dimatikan.
d)       Internal ROM (Read Only Memory)
Merupakan memori penyimpan program/instruksi yang isinya tidak dapat diubah atau dihapus. Program tersimpan di ROM dalam format biner (0 atau 1). Untuk memasukan program/instruksi ke dalam chip mikrokontroler digunakan perangkat lunak khusus sesuai dengan tipe/jenis mikrokontrolernya.
e)       I/O Port
Untuk berkomunikasi dengan dunia luar, maka mikrokontroler menggunakan terminal I/O (Input-Output). Port tersebut disebut Input/Output karena port tersebut dapat digunakan sebagai masukan atau sebagai keluaran. Sebagai masukan misalnya jika sebuah sensor atau switch dihubungkan dengan mikrokontroler , dan sebagai keluaran misalnya jika sebuah perangkat output (LED, relay atau motor) dihubungkan ke mikrokontroler. Modul Mikrokontroler AVR ATmega8535 – PT Bukaka Teknik Utama | 17 Gambar 2.2 Port I/O pada Mikrokontroler
f)       Program Counter
Merupakan register khusus yang berfungsi sebagai pencacah/penghitung eksekusi program mikrokontroler.

g)     Stack Pointer
Merupakan bagian dari RAM yang memiliki metode penyimpanan dan pengambilan data secara khusus. Data yang disimpan dan dibaca tidak dapat dilakukan dengan metode acak (random). Data yang masuk ke stack pada urutan terakhir adalah data yang pertama dibaca kembali atau biasa disebut dengan LIFO (Last In First Out).
h)       Timer/Counter
Timer/conter digunakan untuk melakukan salah satu dari 3 (tiga) fungsi berikut, yaitu: penghitungan suatu interval waktu (interval timing), penghitungan banyaknya kejadian (event counting) dan pembangkit baud rate (baud rate generation) untuk komunikasi serial
i)        Interrupt Circuit
Rangkaian interupsi adalah rangkaian yang memiliki fungsi untuk mengendalikan sinyal sinyal interupsi baik internal maupun eksternal. Adanya sinyal interupsi akan menghentikan eksekusi normal program mikrokontroler untuk selanjutnya menjalankan sub program dari interupsi tersebut. Modul Mikrokontroler AVR ATmega8535 – PT Bukaka Teknik Utama | 18
j)       Clock Circuit
Oleh karena mikrokontroler merupakan rangkaian logika sekuensial, di mana proses bekerjanya melalui sinkronisasi clock maka diperlukan rangkaian clock yang menyediakan clock untuk seluruh bagian sistem mikrokontroler.
8.     Prinsip Kerja Mikrokontroler
Pada dasarnya unjuk kerja mikrokontroler tergantung pada urutan program/instruksi yang dijalankannya, yaitu program yang ditulis di ROM.
Prinsip kerja mikrokontroler adalah sebagai berikut :
1.      Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC). Selanjutnya PC ditambah nilainya dengan 1 (increment) secara otomatis.
2.   Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
3.   Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan. Untuk dapat membuat mikrokontroler bekerja maka ada beberapa hal yang harus dikerjakan yaitu :
·        Membuat program di mana program yang dibuat harus sesuai dengan mikrokontroler yang digunakan, karena tiap mikrokontroler memiliki bahasa pemrograman sendiri.
·    Pembuatan program tersebut biasanya dilakukan menggunakan teks editor yang mana setelah selesai dibuat maka program tersebut harus dikompilasi. Tujuan kompilasi adalah untuk mengubah program yang ditulis (op code) menjadi bahasa mikrokontroler.
·   Selesai proses kompilasi (biasanya dalam format .hex), selanjutnya program tersebut dimasukkan ke dalam mikrokontroler menggunakan perangkat lunak downloader yang disesuiakan dengan jenis mikrokontrolernya.
9.      Rangkaian Aplikasi Microcontroller
a)       LED Running
LED berjalan atau running LED merupakan aplikasi sederhana elektronika khususnya penggunaan mikrokontroler. Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai dasar dalam mempelajari mikrokontroler.
                

b)      Perancangan Perangkat Keras
Seluruh perangkat atau komponen yang digunakan dalam perancangan pengaturan kecepatan pada alat putar keramik menggunakan motor AC ini tersusun seperti pada blok diagram di bawah ini :
                

c)       Merancang Sistem Sistem Minimum AVR ATMega16
Mikrokontroler AVR ATMega16 dapat dioperasikan dengan cara menambahkan beberapa komponen elektronika yang berfungsi sebagai komponen pendukungnya. Mikrokontroler dan komponen komponen pendukung tersebut tergabung dalam satu rangkaian yang disebut sebagai rangkaian sistem minimum.
                

d)      Networking Downloader Designer
Rangkaian downloader merupakan rangkaian penghubung antara computer dan mikrokontroler yang berfungsi untuk memasukan listing program (berupa bit – bit logika) ke dalam mikrokontroler. Pada umumnya rangkaian downloader terdiri dari kabel penghubung jenis DB25 atau jenis DB9. Sinkronisasi tegangan antara tegangan dari komputer dan tegangan mikrokontroler menggunakan sebuah buffer.
                

e)       Merancang Keypad dan LCD Networks
Keypad merupakan tombol elektronik yang terdiri dari kombinasi beberapa saklar yang terangkai dalam bentuk kolom dan baris. Pada perancangan alat putar ini, keypad digunakan sebagai alat untuk masukan nilai setpoint kecepatan putaran alat putar keramik. Keypad yang digunakan adalah keypad 3×4 yang terdiri dari 3 kolom dan 4 baris (7 pin). Untuk mengetahui tombol mana yang sedang ditekan, keypad diatur oleh mikrokontroler dengan cara memberikan bit-bit logika pada baris atau kolomnya. Keypad ini dihubungkan melalui kabel pin (7 pin) ke salah satu port mikrokontroler.
                
                

f)       Perancangan Rangkaian Driver Motor AC
Komponen utama dari rangkaian driver motor AC ini adalah IC TRIAC Optoisolators Tipe MOC3041  dan TRIAC Tipe Q4004LT. TRIA C Optoisolatorsyang digunakan telah memiliki rangkaian zero crossing di dalamnya.. Rangkaian drivermotor AC akan memicu motor AC jika pin 2 pada IC MOC3041 diberi logika “0” (low). Bit– bit logik a yang diberikan pada IC tersebut berupa sinyal PWM yang diatur oleh registerOCR1A (duty cycle) pada mikrokontroler.
g)       Perancangan Rangkaian Sensor Putaran
Rangkaian   sensor   untuk   mendeteksi   putaran   alat   putar   ini,   terdiri  dari Phototransistor tipe H21A1 dan piringan sensor dengan lubang sebanyak 12 lubang.
                

h)       Perancangan Alat Putar Keramik
Alat putar keramik yang akan dirancang terbuat dari bahan semen dan berporoskan batang besi. Pada bagian besi poros tersebut dipasangi bearingpulley dan piringan sensor. Pulley dihubungkan motor AC dengan menggunakan tali penghubung (belt).
i)        Perancangan Rangkaian Alarm
Rangkaian alarm yang akan dibuat adalah rangkaian alarm sirene. Rangkaian alarm ini akan berbunyi seperti suara sirene polisi. Blok rangkaian pertama di sebelah kiri merupakan rangkaian yang membentuk gelombang gigi gergaji (sawtooth). Oleh karena itu keluaran dari blok rangkaian ini adalah gelombang gigi gergaji. Sedangkan blok rangkaian di sebelah kanan merupakan rangkaian multivibrator. Rangkaian ini membentuk gelombang segi empat.

Referensi lain :


Semoga bermanfaat ... aamiin

61 comments:

  1. Replies
    1. maaf .. baru di update

      Silahkan di lanjutkan ... terimakasih

      Delete
  2. Kesimpulan :
    Mikrokontroler adalah suatu chip berupa IC (Integrated Circuit) yang dapat menerima sinyal input, mengolahnya dan memberikan sinyal output sesuai dengan program yang diisikan ke dalamnya. Sinyal input mikrokontroler berasal dari sensor yang merupakan informasi dari lingkungan sedangkan sinyal output ditujukan kepada aktuator yang dapat memberikan efek ke lingkungan. Jadi secara sederhana mikrokontroler dapat diibaratkan sebagai otak dari suatu perangkat/produk yang mempu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya

    ReplyDelete
  3. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama.Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan.4. Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya. Pada beberapa penggunaan bias ditemukan lebih dari satu prosesor didalamnya5. Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.6. Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).

    ReplyDelete
  4. Dzulfariansyah
    X TKJ 1
    Kesimpulan:
    Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram.
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly.
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  5. Dzulfariansyah
    X TKJ 1
    Kesimpulan:
    Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram.
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly.
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  6. Nama: Muhammad Haris
    Kelas:X tkj1
    Kesimpulannya adalah
    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    ReplyDelete
  7. Nama: Muhammad Haris
    Kelas:X tkj1
    Kesimpulannya adalah
    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    ReplyDelete
  8. Nama: Muhammad Haris
    Kelas:X tkj1
    Kesimpulannya adalah
    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    ReplyDelete
  9. Nama:Muhammad rikza almunsyifi
    Kelas:X TKJ 1
    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    ReplyDelete
  10. Nama:Muhammad rikza almunsyifi
    Kelas:X TKJ 1
    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    ReplyDelete
  11. Aditya Dwi Pratama
    X TKj1
    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    ReplyDelete
  12. Nama:Muhammad rikza almunsyifi
    Kelas:X TKJ 1
    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    ReplyDelete
  13. Fitriya Ramadhani
    X.TKJ 1
    Intel 80C51, keluarga Microchip PIC16xx, Philips P87CLxx dan Atmel AT89LSxx adalah contoh dari mikroprosesor yang mengadopsi arsitektur Harvard. Karena kemudahan ini, tidak terlalu sulit bagi prosesor yang berarsitektur Von Neumann untuk menambahan peripheral eksternal seperti ADC , LCD , EEPROM dan perangkat I/O lainnya. Biasanya perangkat eksternal ini sudah ada di dalam satu chips, sehingga prosesor seperti ini sering disebut dengan nama mikrokontroler . Biasanya program selalu ada di ROM dan data selalu ada di RAM Von Neumann memungkinkan prosesor untuk menjalankan program yang ada didalam memori data .

    Misinisialisasi yang mengisi gilirannya nanti akan dijalankan sebagai program. Contohnya adalah data yang diletakkan di ROM. Pada mikroprosesor yang berarsitektur saat menjalankan instruksi bisa terjadi. Data di dalam RAM ini pada look Von Neumann, instruksi yang membaca adalah instruksi overlapping decode , read , .

    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler

    «.



    Mikrokontroler PIC merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC yang diproduksi oleh Microchip . Mikrokontroler PIC dibuat pertama kali pada tahun 1975 untuk meningkatkan kinerja sistem pada I/O. Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi . Produknya adalah chip mikrokontroler, akuisisi data dan komponen radio frekuensi.

    Maxim merupakan produsen yang cukup inovatif dalam melahirkan produk-produk berteknologi tinggi, misalnya mikrokontroler 80C400 kecepatan tinggi yang mendukung jaringan komputer .

    ALU berfungsi untuk menangani operasi aritmatika dan juga operasi logika Internal RAM Internal ROM

    Merupakan bagian dari RAM yang memiliki metode penyimpanan dan pengambilan data secara khusus. Data yang disimpan dan dibaca tidak dapat dilakukan dengan metode acak . Data yang masuk ke stack pada urutan terakhir adalah data yang pertama dibaca kembali atau biasa disebut dengan LIFO Timer/Counter.

    Rangkaian downloader merupakan rangkaian penghubung antara computer dan mikrokontroler yang berfungsi untuk memasukan listing program Merancang Keypad dan LCD Networks

    Keypad merupakan tombol elektronik yang terdiri dari kombinasi beberapa saklar yang terangkai dalam bentuk kolom dan baris. Pada perancangan alat putar ini, keypad digunakan sebagai alat untuk masukan nilai setpoint kecepatan putaran alat putar keramik. Keypad yang digunakan adalah keypad 34 yang terdiri dari 3 kolom dan 4 baris . Untuk mengetahui tombol mana yang sedang ditekan, keypad diatur oleh mikrokontroler dengan cara memberikan bit-bit logika pada baris atau kolomnya.

    Alat putar keramik yang akan dirancang terbuat dari bahan semen dan berporoskan batang besi. Rangkaian alarm yang akan dibuat adalah rangkaian alarm sirene. Blok rangkaian pertama di sebelah kiri merupakan rangkaian yang membentuk gelombang gigi gergaji .

    ReplyDelete
  14. Modul Menerapkan dasar dasar mikrokontroler
    C.Materi Pokok
    ■ Arsitektur mikrokontroler
    ■ Diagram blok dan detil pinoutmikrokontroler
    ■ Instructions set
    ■ Microcontroller programmer/ uploader
    ■ Rangkaian aplikasi mikrokontroler
    ■ Program aplikasi sederhana mikrokontroler
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ¤ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ¤ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ¤ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ¤ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ¤ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    KONSEP MIKROKONTROLER
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah. beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ☆ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ☆ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ☆ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ☆ Next instruction
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi
    Contoh program :
    $regfile = “m8def.dat”
    $crystal = 4000000
    Config Portb = output
    Config Lcd = 16 * 2
    Config Lcdpin = Pin, Rs = Portd.4,E=
    Portd.5, Db4 = Portd.0
    Config Adc = Single, prescaler = Auto
    Start Adc
    ‘With STOP ADC, you can remove the power from the chip’ Stop Adc
    Do
    Locate 1, 1
    Lcd “ Nilai=”
    W = Getadc (channel)
    Locate 1,9
    Lcd “ “
    Locate 1,9
    Lcd W
    Waitms 100
    Loop
    End
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    7.Penjelasan dari bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    8.Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Pada dasarnya unjuk kerja mikrokontroler tergantung pada urutan program/instruksi

    ReplyDelete
  15. Modul Menerapkan dasar dasar mikrokontroler
    C.Materi Pokok
    ■ Arsitektur mikrokontroler
    ■ Diagram blok dan detil pinoutmikrokontroler
    ■ Instructions set
    ■ Microcontroller programmer/ uploader
    ■ Rangkaian aplikasi mikrokontroler
    ■ Program aplikasi sederhana mikrokontroler
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ¤ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ¤ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ¤ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ¤ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ¤ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    KONSEP MIKROKONTROLER
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah. beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ☆ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ☆ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ☆ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ☆ Next instruction
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi
    Contoh program :
    $regfile = “m8def.dat”
    $crystal = 4000000
    Config Portb = output
    Config Lcd = 16 * 2
    Config Lcdpin = Pin, Rs = Portd.4,E=
    Portd.5, Db4 = Portd.0
    Config Adc = Single, prescaler = Auto
    Start Adc
    ‘With STOP ADC, you can remove the power from the chip’ Stop Adc
    Do
    Locate 1, 1
    Lcd “ Nilai=”
    W = Getadc (channel)
    Locate 1,9
    Lcd “ “
    Locate 1,9
    Lcd W
    Waitms 100
    Loop
    End
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    7.Penjelasan dari bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    8.Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Pada dasarnya unjuk kerja mikrokontroler tergantung pada urutan program/instruksi

    ReplyDelete
  16. Modul Menerapkan dasar dasar mikrokontroler
    C.Materi Pokok
    ■ Arsitektur mikrokontroler
    ■ Diagram blok dan detil pinoutmikrokontroler
    ■ Instructions set
    ■ Microcontroller programmer/ uploader
    ■ Rangkaian aplikasi mikrokontroler
    ■ Program aplikasi sederhana mikrokontroler
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ¤ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ¤ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ¤ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ¤ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ¤ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    KONSEP MIKROKONTROLER
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah. beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ☆ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ☆ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ☆ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ☆ Next instruction
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi
    Contoh program :
    $regfile = “m8def.dat”
    $crystal = 4000000
    Config Portb = output
    Config Lcd = 16 * 2
    Config Lcdpin = Pin, Rs = Portd.4,E=
    Portd.5, Db4 = Portd.0
    Config Adc = Single, prescaler = Auto
    Start Adc
    ‘With STOP ADC, you can remove the power from the chip’ Stop Adc
    Do
    Locate 1, 1
    Lcd “ Nilai=”
    W = Getadc (channel)
    Locate 1,9
    Lcd “ “
    Locate 1,9
    Lcd W
    Waitms 100
    Loop
    End
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    7.Penjelasan dari bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    8.Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Pada dasarnya unjuk kerja mikrokontroler tergantung pada urutan program/instruksi

    ReplyDelete
  17. NAMA:SULFAH SAHIRA
    KELAS: XTKJ1
    MAPEL:SISTEM KOMPUTER




    Modul Menerapkan dasar dasar mikrokontroler
    C.Materi Pokok
    ■ Arsitektur mikrokontroler
    ■ Diagram blok dan detil pinoutmikrokontroler
    ■ Instructions set
    ■ Microcontroller programmer/ uploader
    ■ Rangkaian aplikasi mikrokontroler
    ■ Program aplikasi sederhana mikrokontroler
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ¤ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ¤ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ¤ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ¤ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ¤ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    KONSEP MIKROKONTROLER
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah. beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ☆ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ☆ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ☆ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ☆ Next instruction
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi
    Contoh program :
    $regfile = “m8def.dat”
    $crystal = 4000000
    Config Portb = output
    Config Lcd = 16 * 2
    Config Lcdpin = Pin, Rs = Portd.4,E=
    Portd.5, Db4 = Portd.0
    Config Adc = Single, prescaler = Auto
    Start Adc
    ‘With STOP ADC, you can remove the power from the chip’ Stop Adc
    Do
    Locate 1, 1
    Lcd “ Nilai=”
    W = Getadc (channel)
    Locate 1,9
    Lcd “ “
    Locate 1,9
    Lcd W
    Waitms 100
    Loop
    End
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    7.Penjelasan dari bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    8.Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Pada dasarnya unjuk kerja mikrokontroler tergantung pada urutan program/instruksi

    ReplyDelete
  18. Nama:Fadil
    Kls:xtkj1


    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    ReplyDelete
  19. Nama:lusiana auriza lubis
    Kelas:xtkj 2

    1.Pengertian mikrokontroler
    Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas tugas yang berorientasi kendali (control).
    2.arsitektur von neuman adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama.adapun arsitektur harvard memiliki dua memori terpisah.
    3.instruksi sets
    Set instruksi adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah cpu set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin ,karena aslinya juga berbentuk biner.
    4.aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti data,mikrokontroker sering jumpai pada peralatan rumah.
    5.cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler.
    1.menulis dan mengkomplilasi kode program .
    2.mengisi hasil kompilasi program ke ic mikrokontroler.
    6.bebagai tipe mikrokontroler
    A.mikrokontroler ATMEI
    B.mikrokontroler pIC
    C.mikrokontroler maxim
    D.mikrokontroler renesas

    ReplyDelete
  20. Nama:lusiana auriza lubis
    Kelas:xtkj 2

    1.Pengertian mikrokontroler
    Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas tugas yang berorientasi kendali (control).
    2.arsitektur von neuman adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama.adapun arsitektur harvard memiliki dua memori terpisah.
    3.instruksi sets
    Set instruksi adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah cpu set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin ,karena aslinya juga berbentuk biner.
    4.aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti data,mikrokontroker sering jumpai pada peralatan rumah.
    5.cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler.
    1.menulis dan mengkomplilasi kode program .
    2.mengisi hasil kompilasi program ke ic mikrokontroler.
    6.bebagai tipe mikrokontroler
    A.mikrokontroler ATMEI
    B.mikrokontroler pIC
    C.mikrokontroler maxim
    D.mikrokontroler renesas

    ReplyDelete
  21. Muhammad ariel al faris
    X MM 1

    Microkontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah singel chip komputer yang memiliki kemampuan untuk di program dan digunakan untuk tugas tugas yang berorientasi kendali (control).


    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.

    Intel 80C51, keluarga Microchip PIC16xx, Philips P87CLxx dan Atmel AT89LSxx adalah contoh dari mikroprosesor yang mengadopsi arsitektur Harvard. Kedua jenis arsitektur ini masing-masing memiliki keunggulan tetapi juga ada kelemahannya. Dengan arsitektur Von Neumann ,prosesor tidak perlu membedakan program dan data. Prosesor tipe ini tidak memerlukan control bus tambahan berupa pin Input Output (I/O) khusus untuk membedakan program dan data. Karena kemudahan ini, tidak terlalu sulit bagi prosesor yang berarsitektur Von Neumann untuk menambahan peripheral eksternal seperti ADC (Analog to Digital Converter), LCD (Liquid Crystal Display), EEPROM (Electric Erasable Programmable Read Only Memory) dan perangkat I/O lainnya. Biasanya perangkat eksternal ini sudah ada di dalam satu chips, sehingga prosesor seperti ini sering disebut dengan nama mikrokontroler (microcontroller). Kelemahan arsitektur Von Neumann adalah terletak pada bus tunggalnnya, sehingga instruksi untuk mengakses program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa dilakukan berurutan. Selain itu bandwidth Arsitektur Von Neumann Keuntungan lain dengan arsitektur Von Neumann adalah pada fle pengalamatan program dan data. Biasanya program selalu ada di ROM ( Only Memory) dan data selalu ada di RAM ( Von Neumann memungkinkan prosesor untuk menjalankan program yang ada didalam memori data (RAM).


    ReplyDelete
  22. Menerapkan dasar dasar mikrokontroler

    1. Pengertian mikrokontroler
    Mikrokontroler adalah single chip komputer yg memiliki kemampuan untuk di program dan di gunakan untuk tugas yg berorientasi kendali(control).

    2. Arsitektur von neuman adalah arsitektur komputer yang menempatkan progarm dan data dalam peta memori yg sama .

    3. Instruksi sets adalah sekumpulan lengkap instruksi yg dapat di mengerti oleh sebuah cpu set instruksi sering juga di sebut sebagai bahsa mesin ,karena aslinya juga berbentuk biner

    4. Aplikasi yg digunakan selain sebagai sistem monitor rumah seperti data ,mikrokontroler sering di jumpai pada peralatan rumah.

    5. Cara megisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler

    1. Menulis dan mengkomplikasi kode progarm .
    2 mengisi dan mengkomplikasi program ke ic
    6. Berbagai tipe mikrokontroler
    A mikrokontroler Atmei
    B mikrokontroler pcl
    C mikrokontroler maxim
    D mikrokontroler renesas

    ReplyDelete
  23. 1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).

    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.

    3. Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.

    4. Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    5.Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Prinsip kerja mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    1. Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC). Selanjutnya PC ditambah nilainya dengan 1 (increment) secara otomatis.
    2. Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan.

    ReplyDelete
  24. Yasinta shabilla x tkj 2
    1.Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    2.Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU
    Elemen dari Instruksi Sets;
    ~Operation Code (opcode)
    ~ Source Operand Reference
    ~ Result Operand Referece
    ~ Next instruction Reference
    4)Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll)
    5.cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a)Mikrokontroler ATMEL
    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).
    b)Mikrokontroler PIC
    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com)
    c)Mikrokontroler Maxim
    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).
    d) Mikrokontroler Renesas
    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi
    bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    a)ALU (Arithmetic and Logic Unit)
    b) Accumulator Register
    c) Internal RAM (Random Access Memory)
    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    e) I/O Port
    f) Program Counter
    g)Stack Pointer
    h)Timer/Counter
    i) Interrupt Circuit
    j)Clock Circuit
    8. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    1.Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC).
    2.Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan

    ReplyDelete
  25. Yasinta shabilla x tkj 2
    1.Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    2.Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU
    Elemen dari Instruksi Sets;
    ~Operation Code (opcode)
    ~ Source Operand Reference
    ~ Result Operand Referece
    ~ Next instruction Reference
    4)Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll)
    5.cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a)Mikrokontroler ATMEL
    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).
    b)Mikrokontroler PIC
    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com)
    c)Mikrokontroler Maxim
    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).
    d) Mikrokontroler Renesas
    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi
    bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    a)ALU (Arithmetic and Logic Unit)
    b) Accumulator Register
    c) Internal RAM (Random Access Memory)
    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    e) I/O Port
    f) Program Counter
    g)Stack Pointer
    h)Timer/Counter
    i) Interrupt Circuit
    j)Clock Circuit
    8. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    1.Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC).
    2.Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan

    ReplyDelete
  26. Yasinta Shabilla X tkj 2
    1.Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    2.Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU
    Elemen dari Instruksi Sets;
    ~Operation Code (opcode)
    ~ Source Operand Reference
    ~ Result Operand Referece
    ~ Next instruction Reference
    4)Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll)
    5.cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a)Mikrokontroler ATMEL
    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).
    b)Mikrokontroler PIC
    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com)
    c)Mikrokontroler Maxim
    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).
    d) Mikrokontroler Renesas
    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi
    bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    a)ALU (Arithmetic and Logic Unit)
    b) Accumulator Register
    c) Internal RAM (Random Access Memory)
    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    e) I/O Port
    f) Program Counter
    g)Stack Pointer
    h)Timer/Counter
    i) Interrupt Circuit
    j)Clock Circuit
    8. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    1.Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC).
    2.Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan

    ReplyDelete
  27. Nama: Nadila Arlitia
    Kelas: X MM 1


    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).

    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.

    3. Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.

    4.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas


    5. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Prinsip kerja mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    1. Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC). Selanjutnya PC ditambah nilainya dengan 1 (increment) secara otomatis.
    2. Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan


    ReplyDelete
  28. 1.Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    2.Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU
    Elemen dari Instruksi Sets;
    ~Operation Code (opcode)
    ~ Source Operand Reference
    ~ Result Operand Referece
    ~ Next instruction Reference
    4)Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll)
    5.cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a)Mikrokontroler ATMEL
    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).
    b)Mikrokontroler PIC
    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com)
    c)Mikrokontroler Maxim
    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).
    d) Mikrokontroler Renesas
    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi
    bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    a)ALU (Arithmetic and Logic Unit)
    b) Accumulator Register
    c) Internal RAM (Random Access Memory)
    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    e) I/O Port
    f) Program Counter
    g)Stack Pointer
    h)Timer/Counter
    i) Interrupt Circuit
    j)Clock Circuit
    8. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    1.Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC).
    2.Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan


    Nama:Nadilla Najwa
    Kelas: X TKJ 2

    ReplyDelete
  29. 1.Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    2.Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU
    Elemen dari Instruksi Sets;
    ~Operation Code (opcode)
    ~ Source Operand Reference
    ~ Result Operand Referece
    ~ Next instruction Reference
    4)Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll)
    5.cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a)Mikrokontroler ATMEL
    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).
    b)Mikrokontroler PIC
    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com)
    c)Mikrokontroler Maxim
    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).
    d) Mikrokontroler Renesas
    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi
    bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    a)ALU (Arithmetic and Logic Unit)
    b) Accumulator Register
    c) Internal RAM (Random Access Memory)
    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    e) I/O Port
    f) Program Counter
    g)Stack Pointer
    h)Timer/Counter
    i) Interrupt Circuit
    j)Clock Circuit
    8. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    1.Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC).
    2.Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan


    Nama:Nadilla Najwa
    Kelas: X TKJ 2

    ReplyDelete
  30. 1.Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    2.Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    3.Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU
    Elemen dari Instruksi Sets;
    ~Operation Code (opcode)
    ~ Source Operand Reference
    ~ Result Operand Referece
    ~ Next instruction Reference
    4)Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll)
    5.cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1.Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2.Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler
    6.Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a)Mikrokontroler ATMEL
    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).
    b)Mikrokontroler PIC
    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com)
    c)Mikrokontroler Maxim
    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).
    d) Mikrokontroler Renesas
    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi
    bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    a)ALU (Arithmetic and Logic Unit)
    b) Accumulator Register
    c) Internal RAM (Random Access Memory)
    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    e) I/O Port
    f) Program Counter
    g)Stack Pointer
    h)Timer/Counter
    i) Interrupt Circuit
    j)Clock Circuit
    8. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    1.Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC).
    2.Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan

    Nama:Nadilla Najwa
    Kelas:X TKJ 2

    ReplyDelete
  31. ~Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).

    ~Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama.

    ~Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.

    ~Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.

    ~Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.

    ReplyDelete
  32. Nama: Muhammad Adam kusuma
    Kls: Xmm3
    Kesimpulan:
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi. Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Contoh arsitektur microcontroller :
    ▸      Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ▸      Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ▸      Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll

    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸      Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸      Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan

    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll)

    Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a)       Mikrokontroler ATMEL
    b)      Mikrokontroler PIC
    c)       Mikrokontroler Maxim
    d)      Mikrokontroler Renesas

    Rangkaian Aplikasi Microcontroller
    a)LED Running
    b)Perancangan Perangkat Keras
    c)Merancang Sistem Sistem Minimum AVR ATMega16
    d)Networking Downloader Designer
    e)Merancang Keypad dan LCD Networks
    f)Perancangan Rangkaian Driver Motor AC
    g)Perancangan Rangkaian Sensor Putaran
    h)Perancangan Alat Putar Keramik
    i)Perancangan Rangkaian Alarm

    ReplyDelete
  33. mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).

    Nama: Aldy Rahmad fitrah
    Kls : xtkj2

    ReplyDelete
  34. mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).

    ReplyDelete
  35. mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).

    ReplyDelete
  36. NAMA: Balqis Syarahil
    KELAS: X MM 1

    • Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendal
    • Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. 
    • Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.

    >       Berbagai Tipe Mikrokontroler

    a)       Mikrokontroler ATMEL

    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).

    b)      Mikrokontroler PIC

    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com).

    c)       Mikrokontroler Maxim

    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).

    d)      Mikrokontroler Renesas

    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi. 

    > Penjelasan dari bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :

    a)      ALU (Arithmetic and Logic Unit)

    ALU berfungsi untuk menangani operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dan juga operasi logika (and, or, exor, not, dan lain-lain)

    b)      Accumulator Register

    Register akumulator merupakan register serbaguna yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara hasil suatu operasi aritmatika atau logika.

    c)      Internal RAM (Random Access Memory)

    Merupakan memori penyimpan data yang isinya dapat diubah atau dihapus.

    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    Merupakan memori penyimpan program/instruksi yang isinya tidak dapat diubah atau dihapus.

    e) I/O Port
    Untuk berkomunikasi dengan dunia luar, maka mikrokontroler menggunakan terminal I/O (Input-Output).

    f) Program Counter
    Merupakan register khusus yang berfungsi sebagai pencacah/penghitung eksekusi program mikrokontroler.

    g) Stack Pointer
    Merupakan bagian dari RAM yang memiliki metode penyimpanan dan pengambilan data secara khusus.

    h) Timer/Counter
    Timer/conter digunakan untuk melakukan salah satu dari 3 (tiga) fungsi berikut, yaitu: penghitungan suatu interval waktu (interval timing), penghitungan banyaknya kejadian (event counting) dan pembangkit baud rate (baud rate generation) untuk komunikasi serial
    i) Interrupt Circuit
    Rangkaian interupsi adalah rangkaian yang memiliki fungsi untuk mengendalikan sinyal sinyal interupsi baik internal maupun eksternal.

    j) Clock Circuit
    Oleh karena mikrokontroler merupakan rangkaian logika sekuensial, di mana proses bekerjanya melalui sinkronisasi clock maka diperlukan rangkaian clock yang menyediakan clock untuk seluruh bagian sistem mikrokontroler.


    ReplyDelete
  37. NAMA: Balqis Syarahil
    KELAS: X MM 1

    • Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendal
    • Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. 
    • Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.

    >       Berbagai Tipe Mikrokontroler

    a)       Mikrokontroler ATMEL

    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).

    b)      Mikrokontroler PIC

    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com).

    c)       Mikrokontroler Maxim

    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).

    d)      Mikrokontroler Renesas

    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi. 

    > Penjelasan dari bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :

    a)      ALU (Arithmetic and Logic Unit)

    ALU berfungsi untuk menangani operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dan juga operasi logika (and, or, exor, not, dan lain-lain)

    b)      Accumulator Register

    Register akumulator merupakan register serbaguna yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara hasil suatu operasi aritmatika atau logika.

    c)      Internal RAM (Random Access Memory)

    Merupakan memori penyimpan data yang isinya dapat diubah atau dihapus.

    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    Merupakan memori penyimpan program/instruksi yang isinya tidak dapat diubah atau dihapus.

    e) I/O Port
    Untuk berkomunikasi dengan dunia luar, maka mikrokontroler menggunakan terminal I/O (Input-Output).

    f) Program Counter
    Merupakan register khusus yang berfungsi sebagai pencacah/penghitung eksekusi program mikrokontroler.

    g) Stack Pointer
    Merupakan bagian dari RAM yang memiliki metode penyimpanan dan pengambilan data secara khusus.

    h) Timer/Counter
    Timer/conter digunakan untuk melakukan salah satu dari 3 (tiga) fungsi berikut, yaitu: penghitungan suatu interval waktu (interval timing), penghitungan banyaknya kejadian (event counting) dan pembangkit baud rate (baud rate generation) untuk komunikasi serial
    i) Interrupt Circuit
    Rangkaian interupsi adalah rangkaian yang memiliki fungsi untuk mengendalikan sinyal sinyal interupsi baik internal maupun eksternal.

    j) Clock Circuit
    Oleh karena mikrokontroler merupakan rangkaian logika sekuensial, di mana proses bekerjanya melalui sinkronisasi clock maka diperlukan rangkaian clock yang menyediakan clock untuk seluruh bagian sistem mikrokontroler.


    ReplyDelete
  38. Najwa Haura
    Kelas X MM1

    1.Pengertian Mikrokontroler
    Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program didalamnya. Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), memori, I / O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya . Kelebihan utama dari mikrokontroler adalah tersedianya RAM dan peralatan I / O pendukung sehingga ukuran board mikrokontroler menjadi sangat ringkas. Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program yang dilakukan MCS51 yaitu mikrokomputer CMOS 8 bit dengan 4 KB Flash PEROM (Programmable and Erasable Only Memory) yang dapat dihapus dan ditulisi sebanyak 1000 kali. Mikrokontroler ini diproduksi dengan menggunakan teknologi non-volatile memory berdensitas tinggi. Flash PEROM on-chip tersebut memungkinkan program memori untuk diprogram ulang dalam sistem (in-system programming) atau dengan menggunakan programmer non-volatile memory konvensional. Kombinasi CPU 8 bit serba guna dan Flash PEROM, menjadikan mikrokontroler MCS51 menjadi mikrokomputer handal yang fleksibel.

    2.Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.

    ReplyDelete
  39. Najwa Haura
    Kelas X MM1

    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ▸ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ▸ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ▸ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ▸ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ▸ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    ▸ Atmel, contoh: Atmel AT91 series (ARM THUMB architecture), AT90, Tiny & Mega series – AVR (Atmel Norway design), Atmel AT89 series (Intel 8051/MCS51 architecture)

    Intel 80C51, keluarga Microchip PIC16xx, Philips P87CLxx dan Atmel AT89LSxx adalah contoh dari mikroprosesor yang mengadopsi arsitektur Harvard. Kedua jenis arsitektur ini masing-masing memiliki keunggulan tetapi juga ada kelemahannya. Dengan arsitektur Von Neumann ,prosesor tidak perlu membedakan program dan data. Prosesor tipe ini tidak memerlukan control bus tambahan berupa pin Input Output (I/O) khusus untuk membedakan program dan data. Karena kemudahan ini, tidak terlalu sulit bagi prosesor yang berarsitektur Von Neumann untuk menambahan peripheral eksternal seperti ADC (Analog to Digital Converter), LCD (Liquid Crystal Display), EEPROM (Electric Erasable Programmable Read Only Memory) dan perangkat I/O lainnya. Biasanya perangkat eksternal ini sudah ada di dalam satu chips, sehingga prosesor seperti ini sering disebut dengan nama mikrokontroler (microcontroller). Kelemahan arsitektur Von Neumann adalah terletak pada bus tunggalnnya, sehingga instruksi untuk mengakses program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa dilakukan berurutan.

    ReplyDelete
  40. NAMA: Balqis Syarahil
    KELAS: X MM 1

    • Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendal
    • Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. 
    • Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.

    >       Berbagai Tipe Mikrokontroler

    a)       Mikrokontroler ATMEL

    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).

    b)      Mikrokontroler PIC

    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com).

    c)       Mikrokontroler Maxim

    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).

    d)      Mikrokontroler Renesas

    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi. 

    > Penjelasan dari bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :

    a)      ALU (Arithmetic and Logic Unit)

    ALU berfungsi untuk menangani operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) dan juga operasi logika (and, or, exor, not, dan lain-lain)

    b)      Accumulator Register

    Register akumulator merupakan register serbaguna yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara hasil suatu operasi aritmatika atau logika.

    c)      Internal RAM (Random Access Memory)

    Merupakan memori penyimpan data yang isinya dapat diubah atau dihapus.

    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    Merupakan memori penyimpan program/instruksi yang isinya tidak dapat diubah atau dihapus.

    e) I/O Port
    Untuk berkomunikasi dengan dunia luar, maka mikrokontroler menggunakan terminal I/O (Input-Output).

    f) Program Counter
    Merupakan register khusus yang berfungsi sebagai pencacah/penghitung eksekusi program mikrokontroler.

    g) Stack Pointer
    Merupakan bagian dari RAM yang memiliki metode penyimpanan dan pengambilan data secara khusus.

    h) Timer/Counter
    Timer/conter digunakan untuk melakukan salah satu dari 3 (tiga) fungsi berikut, yaitu: penghitungan suatu interval waktu (interval timing), penghitungan banyaknya kejadian (event counting) dan pembangkit baud rate (baud rate generation) untuk komunikasi serial
    i) Interrupt Circuit
    Rangkaian interupsi adalah rangkaian yang memiliki fungsi untuk mengendalikan sinyal sinyal interupsi baik internal maupun eksternal.

    j) Clock Circuit
    Oleh karena mikrokontroler merupakan rangkaian logika sekuensial, di mana proses bekerjanya melalui sinkronisasi clock maka diperlukan rangkaian clock yang menyediakan clock untuk seluruh bagian sistem mikrokontroler.


    ReplyDelete
  41. NAMA:Ali Hizbullah
    KELAS: XMM1

    • Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendal
    • Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. 
    • Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.

    >       Berbagai Tipe Mikrokontroler

    a)       Mikrokontroler ATMEL

    Mikrokontroler buatan ATMEL ini merupakan keluarga MCS-51 dari Intel Corp (www.atmel.com).

    b)      Mikrokontroler PIC

    Mikrokontroler PIC (Peripheral Interface Controller) merupakan keluarga mikrokontroler tipe RISC (Reduce Instruction Set Programs) yang diproduksi oleh Microchip (www.microchip.com).

    c)       Mikrokontroler Maxim

    Mikrokontroler Maxim diproduksi oleh Maxim corp yang merupakan salah satu produsen chip yang fokus pada komponen digital dan komunikasi (www.maximic. com).

    d)      Mikrokontroler Renesas

    Renesas merupakan produsen semikonduktor gabungan antara Mitsubishi dan Hitachi. 

    ReplyDelete
  42. Muhammad Hizqil Alfi
    X TKJ 2

    kesimpulan:
    Menerapkan dasar dasar mikrokontroler
    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram.
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    3. Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.
    4. Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya. Pada beberapa penggunaan bias ditemukan lebih dari satu prosesor didalamnya.
    5. Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler.
    6. Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas
    7. Bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    a) ALU (Arithmetic and Logic Unit)
    b) Accumulator Register
    c) Internal RAM (Random Access Memory)
    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    e) I/O Port
    f) Program Counter
    g) Stack Pointer
    h) Timer/Counter
    i) Interrupt Circuit
    j) Clock Circuit
    8. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Prinsip kerja mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    1. Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC). Selanjutnya PC ditambah nilainya dengan 1 (increment) secara otomatis.
    2. Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan. Untuk dapat membuat mikrokontroler.
    9. Rangkaian Aplikasi Microcontroller
    a) LED Running
    b) Perancangan Perangkat Keras
    c) Merancang Sistem Sistem Minimum AVR ATMega16
    d) Networking Downloader Designer
    e) Merancang Keypad dan LCD Networks
    f) Perancangan Rangkaian Driver Motor AC
    g) Perancangan Rangkaian Sensor Putaran
    h) Perancangan Alat Putar Keramik
    i) Perancangan Rangkaian Alarm

    ReplyDelete
  43. Muhammad Hizqil Alfi
    X TKJ 2

    kesimpulan:
    Menerapkan dasar dasar mikrokontroler
    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram.
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data.
    3. Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.
    4. Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya. Pada beberapa penggunaan bias ditemukan lebih dari satu prosesor didalamnya.
    5. Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code).
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler.
    6. Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas
    7. Bagian/komponen dalam struktur mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    a) ALU (Arithmetic and Logic Unit)
    b) Accumulator Register
    c) Internal RAM (Random Access Memory)
    d) Internal ROM (Read Only Memory)
    e) I/O Port
    f) Program Counter
    g) Stack Pointer
    h) Timer/Counter
    i) Interrupt Circuit
    j) Clock Circuit
    8. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Prinsip kerja mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    1. Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC). Selanjutnya PC ditambah nilainya dengan 1 (increment) secara otomatis.
    2. Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan. Untuk dapat membuat mikrokontroler.
    9. Rangkaian Aplikasi Microcontroller
    a) LED Running
    b) Perancangan Perangkat Keras
    c) Merancang Sistem Sistem Minimum AVR ATMega16
    d) Networking Downloader Designer
    e) Merancang Keypad dan LCD Networks
    f) Perancangan Rangkaian Driver Motor AC
    g) Perancangan Rangkaian Sensor Putaran
    h) Perancangan Alat Putar Keramik
    i) Perancangan Rangkaian Alarm

    ReplyDelete
  44. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk dataInstruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi

    ReplyDelete
  45. Farhan Ramadhan
    Kelas X TKJ 2

    Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data
    Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi

    ReplyDelete
  46. Nama: Khairuzzikri
    Kls :Xmm2

    Menerapkan dasar dasar mikrokontroler

    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama.
    Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ▸ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ▸ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ▸ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ▸ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    3. Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    4. Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    5. Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    . Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    . Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    6. Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    7. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Prinsip kerja mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    1. Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC). Selanjutnya PC ditambah nilainya dengan 1 (increment) secara otomatis.
    2. Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan.

    ReplyDelete
  47. Nama: Khairuzzikri
    Kls :Xmm2

    Menerapkan dasar dasar mikrokontroler

    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro.
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama.
    Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ▸ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ▸ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ▸ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ▸ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    3. Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    4. Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya.
    5. Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    . Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    . Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.
    6. Berbagai Tipe Mikrokontroler
    a) Mikrokontroler ATMEL
    b) Mikrokontroler PIC
    c) Mikrokontroler Maxim
    d) Mikrokontroler Renesas

    7. Prinsip Kerja Mikrokontroler
    Prinsip kerja mikrokontroler adalah sebagai berikut :
    1. Mikrokontroler memulai bekerja dengan mengambil data pada ROM dengan address yang ada pada progam counter (PC). Selanjutnya PC ditambah nilainya dengan 1 (increment) secara otomatis.
    2. Selanjutnya instruksi tersebut dijalankan tergantung dari jenis istruksinya yakni : membaca, mengubah nilai register, mengaktifkan port, dan sebagainya.
    3. Mikrokontroler akan terus mengulang kembali langkah 1 dan 2, sampai power dari sistem mikrokontroler dimatikan.

    ReplyDelete
  48. Nama : muhammad zia
    Kelas : XMM2
    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ▸ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ▸ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ▸ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ▸ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ▸ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    ▸ Atmel, contoh: Atmel AT91 series (ARM THUMB architecture), AT90, Tiny & Mega series – AVR (Atmel Norway design), Atmel AT89 series (Intel 8051/MCS51 architecture)

    Intel 80C51, keluarga Microchip PIC16xx, Philips P87CLxx dan Atmel AT89LSxx adalah contoh dari mikroprosesor yang mengadopsi arsitektur Harvard. Kedua jenis arsitektur ini masing-masing memiliki keunggulan tetapi juga ada kelemahannya. Dengan arsitektur Von Neumann ,prosesor tidak perlu membedakan program dan data. Prosesor tipe ini tidak memerlukan control bus tambahan berupa pin Input Output (I/O) khusus untuk membedakan program dan data. Karena kemudahan ini, tidak terlalu sulit bagi prosesor yang berarsitektur Von Neumann untuk menambahan peripheral eksternal seperti ADC (Analog to Digital Converter), LCD (Liquid Crystal Display), EEPROM (Electric Erasable Programmable Read Only Memory) dan perangkat I/O lainnya. Biasanya perangkat eksternal ini sudah ada di dalam satu chips, sehingga prosesor seperti ini sering disebut dengan nama mikrokontroler (microcontroller). Kelemahan arsitektur Von Neumann adalah terletak pada bus tunggalnnya, sehingga instruksi untuk mengakses program dan data harus dijalankan secara sekuensial dan tidak bisa dilakukan berurutan. Selain itu bandwidth Arsitektur Von Neumann Keuntungan lain dengan arsitektur Von Neumann adalah pada fle pengalamatan program dan data. Biasanya program selalu ada di ROM ( Only Memory) dan data selalu ada di RAM ( Von Neumann memungkinkan prosesor untuk menjalankan program yang ada didalam memori data (RAM). Misinisialisasi yang mengisi gilirannya nanti akan dijalankan sebagai program. Sebaliknya data juga dapat disimpan di dalam memori program (ROM). Contohnya adalah data yang diletakkan di ROM. Data ini ditempatkan di ROM agar tidak hilang pada saat catu daya mati. Pada mikroprosesor data look-up-tabel atau program pengambilan data di ROM pengalamatan biasa. Pada mikroprosesor yang berarsitektur saat menjalankan instruksi bisa terjadi. Satu instruksi biasanya dieksekusi dengan urutan fetch (membaca instruksi), execute (eksekusi) dan write Modul Mikrokontroler AVR ATmega8535 – PT Bukaka Teknik overlaping untuk menjalankan dua instruksi yang program harus sama dengan bandwidth ) Random Acess Memory). Arsitektur Misalnya pada saat power on, dibuat program byte di dalam RAM. Data di dalam RAM ini pada look Von Neumann, instruksi yang membaca adalah instruksi overlapping decode (pengalamatan), read (membaca data), (penulisan data).

    ReplyDelete
  49. 1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ▸ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ▸ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ▸ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ▸ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ▸ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    ▸ Atmel, contoh: Atmel AT91 series (ARM THUMB architecture), AT90, Tiny & Mega series – AVR (Atmel Norway design), Atmel AT89 series (Intel 8051/MCS51 architecture)


    3. Instruksi Sets
    Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat di mengerti oleh sebuah CPU, set instruksi sering juga disebut sebagai bahasa mesin (machine code), karna aslinya juga berbentuk biner kemudian dimengerti sebagai bahasa assembly, untuk konsumsi manusia (programmer), biasanya digunakan representasi yang lebih mudah dimengerti oleh manusia.Sebuah instruksi terdiri dari sebuah opcode, biasanya bersama dengan beberapa informasi tambahan seperti darimana asal operand-operand dan kemana hasil-hasil akan ditempatkan. Elemen dari Instruksi Sets adalah :
    ▸ Operation Code (opcode) : menentukan operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Source Operand Reference : merupakan input bagi operasi yang akan dilaksanakan
    ▸ Result Operand Reference : merupakan hasil dari operasi yang dilaksanakan
    ▸ Next instruction Reference : memberitahu CPU untuk mengambil (fetch) instruksi
    4. Aplikasi yang digunakan
    Selain sebagai sistem monitor rumah seperti diatas, mikrokontroler sering dijumpai pada peralatan rumah tangga (microwave oven, TV, stereo set dll), computer dan perlengkapannya, mobil dan lain sebagainya. Pada beberapa penggunaan bias ditemukan lebih dari satu prosesor didalamnya. Mikrokontroler biasanya digunakan untuk peralatan yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan pemrosesan yang tinggi. Walaupun mungkin ada diantara kita yang membayangkan untuk mengontrol oven microwave dengan menggunakan sistem berbasis Unix, mengendalikan oven microwave dapat dengan mudah menggunakan mikrokontroler yang paling kecil.

    5. Cara mengisikan aplikasi program kedalam mikrokontroler
    1. Menulis dan mengkompilasi kode program (source code). Pekerjaan ini sifatnya lebih ke proggaming. Menuliskan kode program menggunakan bahasa bahasa yang di support oleh mikrokotroler.
    2. Mengisi hasil kompilasi program ke IC mikrokontroler. Mengisi program merupakan pekerjaan yang di lakukan setelah program selesai di buat dan di kompilasi. Untuk mengisi program ada beberapa tools yang harus digunakan.

    ReplyDelete
  50. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram.

    ReplyDelete
  51. M. Biyan hidayah
    X MM2

    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ▸ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ▸ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ▸ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ▸ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ▸ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    ▸ Atmel, contoh: Atmel AT91 series (ARM THUMB architecture), AT90, Tiny & Mega series – AVR (Atmel Norway design), Atmel AT89 series (Intel 8051/MCS51 architecture)

    ReplyDelete
  52. M. Biyan hidayah
    X MM2

    1. Pengertian Mikrokontroler
    Istilah mikrokontroler berasal dari microcontroller yang berarti pengendali mikro. Disebut sebagai pengendali mikro karena mikrokontroler secara fisik adalah sebuah keping kecil (microchip) yang merupakan komponen elektronika terintegrasi, dan dalam aplikasinya mikrokontroler berfungsi untuk mengendalikan sebuah pekerjaan tertentu secara terprogram. Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kendali (control).
    2. Arsitektur Mikrokontroler
    Arsitektur Von Neumann adalah arsitektur komputer yang menempatkan program dan data dalam peta memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address bus dan data bus tunggal untuk mengalamati program (instruksi) dan data. Contoh dari mikrokontroler yang memakai arsitektur Von Neumann adalah keluarga 68HC05 dan 68HC11 dari Motorola. Adapun arsitektur Harvard memiliki dua memori yang terpisah, satu untuk program dan satu untuk data.
    Contoh arsitektur microcontroller :
    ▸ Intel., contoh: 8031, 89C51 dll
    ▸ Zilog, contoh: Z8, Z8F1680 dll
    ▸ Microchip, contoh: PIC16F84, PIC16F877 dll
    ▸ Motorola, contoh: 68HC11, MC68HC705V12CFN dll
    ▸ Philips Semiconductors, contoh: LPC2000, LPC900, LPC700 dll
    ▸ Atmel, contoh: Atmel AT91 series (ARM THUMB architecture), AT90, Tiny & Mega series – AVR (Atmel Norway design), Atmel AT89 series (Intel 8051/MCS51 architecture)

    ReplyDelete
  53. Izin menyematkan link blognya min untuk d share, terimakasih

    ReplyDelete