sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Friday, October 4, 2019

Iffa Nugget


Nuggetnya bund ... asli home made TANPA BAHAN PENGAWET komposisi utama wortel, kentang, telur, daging & daun bawang semakin melengkapi gizi keluarga tercinta.
Yang lagi sibuk mengolah nilai/ membuat laporan atau sibuk apa aja, jangan abaikan gizi si kecil ya mam....tetap berikan menu terbaik untuk keluarga tercinta.
IFFA NUGGET asli enaknya asli gizinya, gampang menyajikannya

Yuk order 10.000 aja, dengan netto 150gr




Yg mau joint agen kami tunggu untuk jd jutawan IFFA berikutnya😉
Berikut daftar agen yang telah bergabung dengan kami :







Yang mau jadi reseller silahkan kontak agennya ya !!

Mari kita berkembang bersama, membangun bersama ...

Salam hangat dari kami

Produk lain, silahkan cek disini !



Wednesday, October 2, 2019

Modul 3.10. Menganalisa Struktur CPU dan fungsi CPU


MODUL 10

A.      Kompetensi Dasar
3.10     Menganalisa Struktur CPU dan fungsi CPU
4.10     Menyajikan Rangkaian internal CPU
B.      Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10.1 Menjelaskan diagram blok CPU untuk komputer.
3.10.2 Menjelaskan fungsi CPU dalam komputer
3.10.3 Menentukan jenis CPU yang dibutuhkan oleh komputer
3.10.4 Menerapkan prosedur pemasangan CPU pada komputer
3.10.5 Memilih CPU untuk komputer
4.10.1 Memasang CPU pada komputer
4.10.2 Menggantikan CPU untuk computer
C.      Materi Pokok
        Diagram blok CPU
         Data sheet CPU
D.     Materi
1.      Diagram Blok CPU
Sebuah komputer moderen/digital dengan program yang tersimpan di dalamnya merupakan sebuah system yang memanipulasi dan memproses informasi menurut kumpulan instruksi yang diberikan.
Hardware yang dipakai untu membuat modul seperti :
        1.    Register
        2.     Elemen aritmatika dan logika
        3.     Unit pengendali
        4.     Unit memori
        5.    Unit masukan/keluaran (I/O)
Komputer dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
        1.   Unit pengolahan pusat (CPU)
        2.   Unit masukan/keluaran (I/O)
        3.   Unit memori
                        

1)          Konsep Bus
Bus adalah merupakan kawat atau sebuah jalur fisik yang berfungsi menghubungkan register-register dengan unit-unit fungsional yang berhubungan dengan tiap-tiap modul.
https://2.bp.blogspot.com/-fSXNzaab6qk/V_Zq7_XMS4I/AAAAAAAABws/ICq68Ig_cUw6q2mHNkuQtLtwszAb1q9RACLcB/s320/onsep%2BBUs2.jpg

Pada gambar diatas merupakan cara pemrosesan suatu data melalui control BUS.CPU akan membaca ke memori selanjutnya data dari CPU akan dikirim lalu diroses ke input/output.apabila memerlukan operasi aritmatika maka data kembali dimasukan ke ALU untuk diproses dan disinkronasikan lalu dikirim kembali ke CPU.
a)       Unit kontrol
CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
Tugas dari unit kendali ini adalah: 
      ·       Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. 
      ·        Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama 
      ·         Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. 
     ·       Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. 
      ·        Menyimpan hasil proses ke memori utama.
                        

b)    Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa inggris : Central Processing Unit;CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.
Arsitektur dasar mesin tipe von neumann menjadi kerangka referensi pada komputer digital umum (general-purpose) modern. Sebuah mesin tipe Von Neuman :
                        
Program disimpan dalam unit memori utama yang berhadapan dengan piranti I/O melalui CPU. CPU membaca dari atau menulis ke memori, dengan mengirimkan alamat word ke unit memori melalui bus address kemudian menerima atau mengirimkan data melalui bus data. Data dipertukarkan antara CPU dan Unit I/O juga dengan menggunakan bus data. Operasi disinkronisasikan oleh dua bus control dengan sinyal kendali yang dikirimkan oleh CPU dan sinyal acknowledgment serta sinyal interupsi yang diterima oleh CPU.
2.       Komponen CPU
Diagram blok sederhana sebuah CPU. Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut :
1)          Unit kontrol
 Yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
·       Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
·       Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
·      Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
·       Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
·        Menyimpan hasil proses ke memori utama.
                    
2)      Register
Merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
                


Referensi lain :


Semoga bermanfaat ... aamiin


Modul 3.9. Menganalisis memori berdasarkan karakteristik sistem memori


MODUL 9

A.     Kompetensi Dasar 
3.9.  Menganalisis memori berdasarkan karakteristik sistem memori (lokasi, kapasitas, kecepatan, cara akses, tipe fisik)
4.9. Membuat alternatif kebutuhan untuk memodifikasi beberapa memori dalam sistem computer
B.     Indikator
3.9.1    Menjelaskan karakteristik perangkat memori.
3.9.2    Menelaah perangkat memori berdasarkan karakteristiknya
3.9.3    Menentukan perangkat memori berdasarkan karakteristiknya.
4.9.1    Menentukan jenis dan tipe perangkat memori yang digunakan dalam sistem komputer
4.9.2    Memasang perangkat memori yang telah dipilih.
4.9.3    Menguji kinerja perangkat memori yang dipilih.
C.     Materi Pokok
        Static RAM
         Dynamic RAM
        Datasheet RAM
         Spesifikasi perangkat keras komputer.
D.      Mengumpulkan Informasi
1.      Pengertian Dynamic RAM dan Static RAM
        
Kelompok memori yang diberi nama Random Access Memory ini memiliki karakteristik yang sesuai dengan namanya. Dalam pengaksesan data yang tersimpan dalam memori dilakukan dengan cara acak (random) bukand engan cara terurut (sequential) seperti pada streamer. Hal ini berarti untuk mengakses elemen memori yang terletak dimanapun di dalam modul ini, akan diakses dalam waktu yang sama.
Berdasarkan bahan pembuatannya, RAM dikelompokkan dalam dua bagian utama, yaitu : (a) static RAM dan (b) dynamic RAM.
·         Static RAM
Secara internal, setiap sel yang menyimpan n bit data memiliki 4 buah transistor yang menyusun beberapa buah rangkaian Flip- flop. Dengan karakteristik rangkaian Flip- flop ini, data yang disimpan hanyalah berupa Hidup (High state) dan Mati (Low State) yang ditentukan oleh keadaan suatu transistor. Kecepatannya dibandingkan dengan Dynamic RAM tentu saja lebih tinggi karena tidak diperlukan sinyal refresh untuk mempertahankan isi memori.
·         Dynamic RAM
Secara internal, setiap sel yang menyimpan 1 bit data memiliki 1 buah transistor dan 1 buah kondensator. Kondensator ini yang menjaga tegangan agar tetap mengaliri transistor sehingga tetap dapat menyimpan data. Oleh karena penjagaan arus itu harus dilakukan setiap beberapa saat (yang disebut refreshing) maka proses ini memakan waktu yang lebih banyak daripada kinerja Static RAM.  
2.      Spesifikasi hardware yang harus diketahui selain RAM
·         Prosesor
                
Prosesor memegang peranan yang sangat dalam sebuah komputer. Teknologi prosesor mempengaruhi komponen hardware lainnya. Spesifikasi yang digunakan ditentukan beradarkan clock dan bus.
Prosesor yang biasa digunakan adalah
         Prosesor Intel (P I, P II, P II Celeron, PIII, PIII Celeron, P IV,  P IV Celeron, Intel Xeon).
         Prosesor AMD (Duron, Athlon, Barton, Opteron)
         Prosesor Xyrix
         Prosesor Via
         Prosesor Transmeta dan lain sebagainya
·         Motherboard
Motherboard merupakan tempat utama meletakkan periperal komputer seperti prosesor, RAM, keyboard, mouse, kartu grafis, kartu suara dan kartu jaringan. Motherboard sebuah komputer mempunyai jenis dan tipe yang sangat banyak tergantung teknologi prosesor yang dipakai. Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan motherboard adalah jenis prosesor apa yang didukung dan chipset yang digunakan.
                
·         Hardisk
                
Hardisk memegang peranan yang sangat penting berhubungan instalasi sistem operasi. Untuk dapat melakukan instalasi sistem operasi diperlukan syarat kapasitas hardisk yang cukup dan juga terkadang diperlukan partisi hardisk.
Hardisk yang ada di pasaran memiliki kapasitas sebagai berikut : 1 GB, 2.1 GB, 4.2 GB, 6.4 GB, 10, GB, 20 GB, 40 GB, 60 GB, 80 GB, 120 GB, 200 GB dan lain sebagainya.
·         Kartu Grafis (VGA Card)
                
VGA atau Video Graphic Adapter adalah Hardware computer yang berfungsi untui menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari computer menjadi tampilan grafis ke layar monitor. contoh VGA :
Nvidia : Nvidia Gforce 2 MX, Gforce 4 MX, Gforce FX
AMD : Ati Radeon 7200, 9200, 9600, 9800
Intel : Intel HD 4000, Intel HD 3000
Voodoo, S3 Savage dan lain sebagainya.
·         Keyboard 
                
Keyboard yang digunakan dalam komputer mempunyai beberapa port  yaitu Serial, PS/2 atau USB
·          Mouse 
                
Sama dengan keyboard, mouse mempunyai beberapa port  yaitu PS/2 atau USB, Serial, USB 
·         Monitor
                
Monitor komputer mempunyai ukuran yang beragam mulai dari 14 “, 15 “ 17 “ 20 “. Teknologi yang digunakan juga bermacam-macam mulai dari tabung, tabung flat sampai ke LCD.
·          Sound Card (Kartu Suara)
            
Sound card merupakan periperal tambahan dalam sebuah komputer yang mempunyai kegunaan untuk mengolah dan menghasilkan sinyal audio.
·        Kartu jaringan (Lan Card)
                
Kartu jaringan merupakan periperal utama dalam jaringan komputer. Masing-masing komputer dalam jaringan dihubungkan dengan kartu ini melalui switch/hub.



Modul 3.8. Mengevaluasi Perangkat Eksternal / Peripheral


MODUL 8

A.     Kompetensi Dasar
3.8  Mengevaluasi Perangkat Eksternal / Peripheral
4.8  Merangkai perangkat eksternal dengan consule unit
B.     Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.1    Menganalisis kebutuhan perangkat periferal tambahan dalam sistem minimal komputer.
3.8.2     Menerapkan perangkat periferal tambahan dalam sistem minimal komputer.
3.8.3     Memilih perangkat-perangkat periferal tambahan dalam sistem minimal komputer
4.8.1 Merancang kebutuhan perangkat-perangkat periferal tambahan dalam sistem minimal komputer.
4.8.2     Memasang perangkat-perangkat periferal tambahan dalam sistem minimal komputer.
4.8.3    Mengetes perangkat-perangkat periferal tambahan dalam sistem minimal komputer
C.    Kegiatan Pembelajaran
·    Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Perangkat Eksternal / Peripheral
·         Mengumpulkan data tentang Perangkat Eksternal / Peripheral
·        Mengolah data tentang Perangkat Eksternal / Peripheral
·        Mengomunikasikan tentang Perangkat Eksternal / Peripheral
D.     Mengumpulkan Informasi
1.      Pengertian Sistem Komputer Minimal (mikrokontroller)
Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer fungsional dalam sebuah chip. Di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor, memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya), dan perlengkapan input dan output.
        
Mikrokonktroler digunakan dalam produk dan alat yang dikendalikan secara automatis, seperti sistem kontrol mesin, remote controls, mesin kantor, peralatan rumah tangga, alat berat, dan mainan. Dengan mengurangi ukuran, biaya, dan konsumsi tenaga dibandingkan dengan mendesain menggunakan mikroprosesor memori, dan alat input output yang terpisah, kehadiran mikrokontroler membuat kontrol elektrik untuk berbagai proses menjadi lebih ekonomis. Penggunaan mikrokontroler, sebagai berikut :
·        Sistem elektronik akan menjadi lebih ringkas
·      Rancang bangun sistem elektronik akan lebih cepat karena sebagian besar dari sistem adalah perangkat lunak yang mudah dimodifikasi
·         Pencarian gangguan lebih mudah ditelusuri karena sistemnya yang kompak
Sebuah mikrokontroler dapat berfungsi, maka mikrokontroler tersebut memerlukan komponen eksternal yang kemudian disebut dengan sistem minimum. Untuk membuat sistem minimal paling tidak dibutuhkan sistem clock dan reset, walaupun pada beberapa mikrokontroler sudah menyediakan sistem clock internal, sehingga tanpa rangkaian eksternal pun mikrokontroler sudah beroperasi.
Untuk merancang sebuah sistem berbasis mikrokontroler, kita memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak, yaitu:
·       Sistem minimal mikrokontroler
·        Software pemrograman dan kompiler, serta downloader
Yang dimaksud dengan sistem minimal adalah sebuah rangkaian mikrokontroler yang sudah dapat digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi. Sebuah IC mikrokontroler tidakakan berarti bila hanya berdiri sendiri. Pada dasarnya sebuah sistem minimal mikrokontroler AVR memiliki prinsip yang sama, yang terdiri dari 4 bagian, yaitu :
·       Prosesor, yaitu mikrokontroler itu sendiri
·        Rangkaian reset agar mikrokontroler dapat menjalankan program mulai dari awal
·        Rangkaian clock, yang digunakan untuk memberi detak pada CPU
·        Rangkaian catu daya, yang digunakan untuk memberi sumberdaya.

Fungsi bagian bagian sistem komputer minimal
·       Pemroses (processor)
Berfungsi mengendalikan operasi komputer & melakukan fungsi pemrosesan data
·       Memori utama
Berfungsi menyimpan data & program. Biasanya volatile : tidak dapat mempertahankan data & program yang disimpan   bila sumber daya energi (listrik) dihentikan.
·        Perangkat masukan dan keluaran 
Berfungsi memindahkan data antara komputer & lingkungan eksternal yaitu : perangkat penyimpan sekunder, perangkat komunikasi, terminal, dsb.
·       Interkoneksi antarkomponen (bus) 
Adalah struktur & mekanisme untuk menghubungkan pemroses, memori utama, & perangkat masukan/keluaran.

Pengertian Peripheral Komputer
Pengertian Peripheral Komputer (Computer Peripheral Device) adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk memasukkan dan mendapatkan informasi ke/dari komputer.
Peripheral komputer merupakan sebuah perangkat yang terhubung ke komputer tetapi bukan bagian dari inti arsitektur komputer. Adapun elemen inti sebuah komputer adalah CPU (central processing unit), power supply, motherboard dan Case komputer.
Secara teknis, segala sesuatu selain ketiga komponen inti ini dianggap sebagai perangkat peripheral. Namun hal ini merupakan pandangan yang agak terbatas karena beberapa elemen lainnya juga diperlukan agar komputer benar-benar berfungsi, seperti hard disk drive dan RAM (random-access memory).
Kebanyakan orang menggunakan istilah peripheral yang lebih umum untuk merujuk ke perangkat yang ada diluar case komputer. Anda menghubungkan perangkat ke komputer untuk memperluas fungsi sistem. Misalnya sebuah printer, setelah printer terhubung ke komputer maka Anda akan bisa mencetak dokumen.
Cara lain untuk memahami apa itu perangkat peripheral adalah bahwa mereka tergantung pada sistem komputer. Misalnya, sebagian besar printer tidak bisa berbuat banyak secara sendiri, mereka hanya dapat berfungsi ketika terhubung ke sistem komputer.

Jenis-Jenis Perangkat Peripheral
Ada banyak perangkat peripheral yang berbeda, tetapi dapat dibagi ke dalam tiga kategori umum sebagai berikut :
a.      Perangkat Input (Input Device), seperti Keyboard dan Mouse
Perangkat input adalah bagian dari perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyediakan data dan sinyal kendali ke komputer.
                

b.       Perangkat Output (Output Device), seperti Monitor dan Printer
Perangkat output adalah bagian dari perangkat keras komputer yang menggunakan data dan perintah dari komputer Anda untuk melakukan suatu tugas.
Dengan perangkat output, hasil pengolahan data yang dilakukan oleh sistem pengolah informasi seperti komputer yang mengubah informasi yang dihasilkan secara elektronik menjadi bentuk yang dapat dibaca manusia.
                
c.     Perangkat Penyimpanan (Storage Device), seperti Hard Disk Drive dan Cloud Storage
Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras komputasi yang digunakan untuk menyimpan, memetakan dan mengekstrak file data dan objek.
Perangkat penyimpanan dapat menyimpan informasi baik untuk sementara maupun permanen, dan dapat bersifat internal atau eksternal ke komputer, server atau perangkat komputasi sejenisnya.
                

Beberapa perangkat tergolong ke dalam lebih dari satu kategori. Misalnya drive DVD-ROM, Anda dapat menggunakannya untuk membaca data atau musik (input), dan Anda juga dapat menggunakannya untuk menulis data ke DVD (output).
Perangkat peripheral dapat berupa Eksternal atau Internal. Misalnya, printer merupakan perangkat eksternal yang terhubung menggunakan kabel, sedangkan optical disc drive biasanya terletak di dalam case komputer.
Oleh karena itu, konsep tentang apa itu “peripheral” yang sebenarnya tidak begitu pasti. Untuk komputer desktop, keyboard dan monitor dianggap sebagai peripheral karena Anda dapat dengan mudah menghubungkan dan melepaskan-nya dan bahkan menggantinya jika diperlukan. Namun untuk komputer laptop, komponen-komponen ini dibangun di dalam sistem komputer dan tidak dapat dilepaskan dengan mudah.
Istilah “peripheral” juga tidak berarti bahwa itu tidak penting untuk fungsi komputer. Beberapa perangkat seperti printer dapat dilepaskan dan komputer akan tetap bekerja dengan baik. Namun, melepaskan monitor sebuah komputer desktop akan membuatnya menjadi tidak bisa digunakan.

Contoh Perangkat Peripheral
CPU (The central processing unit), motherboard dan power supply merupakan inti sistem komputer. sedangkan Expansion Slot (slot ekspansi) pada motherboard membuat komputer dapat terhubung ke peripheral internal seperti Video Card dan Sound Card.
Beberapa peripheral internal penting lainnya adalah Hard Disk Drive dan Optical Disk Drive. Peripheral input eksternal adalah Scanner, Monitor Layar Sentuh, Keyboard dan Mouse. Peripheral output eksternal adalah Speaker dan Printer.
Ada banyak contoh peripheral seperti Microphone, Webcam, Headphone, Hard Disk Drive Eksternal dan USB Flash Drive. Sebagian besar komputer menggunakan setidaknya beberapa perangkat peripheral ini. Peripheral internal terhubung ke motherboard secara langsung menggunakan beberapa jenis slot pada motherboard.
Perangkat eksternal dapat dihubungkan dengan komputer menggunakan koneksi wired (kabel) atau wireless (nirkabel). Seperti namanya, koneksi wired menggunakan kabel yang perlu dicolokkan ke komputer menggunakan konektor. Konektor yang paling banyak digunakan secara luas adalah USB (Universal Serial Bus), tetapi beberapa jenis lainnya juga digunakan, tergantung pada sistem komputer dan jenis peripheral.
Koneksi wireless tidak memerlukan sebuah kabel. Koneksi wireless yang paling banyak digunakan adalah Bluetooth dan Wifi. Bluetooth sangat baik digunakan untuk jarak yang sangat pendek, jadi peripheral seperti mouse dan keyboard wireless biasanya menggunakan koneksi bluetooth, sedangkan Wifi baik untuk jarak yang lebih jauh. Jika anda memiliki jaringan wireless di rumah atau kantor, anda bisa mencetak secara wireless dengan printer jika printer juga terhubung ke jaringan.