Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Wednesday, September 23, 2020

Modul 17. Menentukan media promosi

A.      Kompetensi Dasar 

3.17.        Menentukan media promosi 

B.       Indikator 

3.17.1. Menjelaskan media promosi 

3.17.2. Mengidentifikasi media promosi 

3.17.3. Menganalisis media promosi 

C.      Materi Pokok 

a)         Menentukan Media Promosi 

Memperkenalkan sebuah produk menjadi sebuah brand yang dikenal kalayak luas tidaklah mudah, diperlukan sebuah strategi. Promosi adalah media yang paling tepat untuk membuat suksesnya penjualan. Tidak ada promosi, produsen tidak mungkin mengenal brand dari produk yang akan dipasarkan. 

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum menentukan media promosi  adalah : 

a)        Menentukan target yang Ingin dituju 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar yang potensial. Pastikan bahwa produk dapat memenuhi kebutuhan target yang kita tentukan. Bagaimana cara kita untuk menentukan target pasar yang tepat ? Untuk menentukannya, terlebih dahulu menentukan kelompok-kelompok pembelinya. Cara penentuannya tidak hanya berdasarkan demografi saja namun anda juga harus melihat kebiasan mereka dalam melakukan pembelian. Bila sudah menentukannya, maka akan lebih mudah menganalisis konsep promosi yang akan dilakukan. 

b)        Mengetahui bagimana karakter target konsumen anda 

Karekter konsumen harus diketahui dengan tujuan untuk mendapatkan starategi pemasaran yang tidak biasa sehingga dapat diterima dan menarik perhatian mereka. Contoh, memasarkan produk makanan ringan dengan taget konsumen dalam kategori anak-anak. Saat menggunakan gaya bahasa dan desain yang sesuai dunia mereka. 

c)        Buat Konsep Promosi 

Tema promosi atau pemasran dilakukan untuk menarik konsumen atau target pasar yang sudah anda tentukan sebelumnya, seperti penyertaan tagline atau pesan menarik. Anda dapat memaksimalkannya dengan menggabungkan pesan dengan event-event tertentu, misalnya seperti yang dilakukan oleh minuman The Botol Sosro, perusahaan minuman lokal ini melakukan pemasaran dengan pesan yang sangat melekat dibenak semua orang, yaitu apapun makanannya, minumannya The Botol Sosro. 

d)        Sertakan Kelebihan Produk yang Dapat Membedakannya dengan Produk Lain 

Tidak hanya konsep pemasaran, kelebihan produk juga dapat disertakan pada saat mempromosikan produk. Hal ini dilakukan agar konsumen tahu apa yang membedakan produk anda dengan produk serupa lainnya. Karena pada dasarnya pemilihan konsumen berawal dari seberapa baik produsen melakukan promosi maka anda dapat tarik perhatian konsumen dengan cara ini, yaitu dengan memaparkan bahwa produk anda memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh brand lain, seperti fiturnya yang lebih, komposisinya lebih baik, dan lain sebagainya. 

e)        Buatlah Program Promosi yang Menarik 

Memberikan potongan harga atau memberikan produk secara gratis, dapat menciptakan sebuah program promosi timbal balik. Maksudnya adalah dapat membuat promosi yang melibatkan konsumen untuk melakukan “promosi” untuk produk atau brand kita. Misalnya bila produk dalam bentuk kuliner, kita dapat memberikan gift cards untuk pelanggan yang mengikuti sayembara tersebut. Di mana gift cards tersebut dapat ditukarkan untuk pembelian berikutnya atau hadiah lainnya. 

f)         Melakukan Promosi Online 

Bagi pebisnis internet seperti surganya tempat promosi. Pelaku usaha dapat bebas memilih cara promosi yang mereka kehendaki, mulai yang berbayar hingga gratis dengan menggunakan platform media sosial. Namun agar tidak hanya sekedar posting produk tanpa mendapatkan penjualan apa-apa, ada baiknya melakukan beberapa langkah berikut agar promosi di media sosial lebih efektif. 

a)        Tawarkan promosi ekstra pada audiens di sosial media. Bukan hanya menarik pelanggan lama cara ini juga dapat menarik perhatian pelanggan baru. 

b)        Aktif melakukan mengajak pelanggan berdiskusi serta cepat merespons pertanyaan pelanggan di media sosial. 

c)        Buat konten yang akan dipromosikan secara menarik dan teratur. Konten haruslah yang bersifat informatif yang dapat menggugah rasa penasaran agar audiens tidak menganggap bahwa akun media sosial hanya tempat untuk promosi saja. Dalam pemilihan konten pastikan masih berhubungan dengan produk Anda, misalkan bila produk Anda adalah obat kecantikan, 

g)        Anda dapat mem-posting artikel tentang pentingnya perawatan tubuh dan lain sebagainya. 

h)        Melakukan promosi offline 

Meskipun sekarang ini promosi usaha online atau online marketing sedang menjadi trand, namun pengaruh promosi offline juga cukup besar terhadap penjualan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan promosi dengan cara konvensional, yaitu dengan cara menyebar brosur, iklan koran dan media cetak, atau dapat beriklan di papan reklame. 

i)         Berikan Free Sample 

Kebanyakan pembeli tertarik untuk membeli setelah mencoba produk, maka tidak ada salahnya jika memberikan free sample untuk calon pelanggan. Percobaan cuma-cuma ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan saja, produk seperti software atau produk yang sifatnya tidak dimakan juga dapat diaplikasikan. Seperti contohnya, aplikasi manajemen keuangan, dengan menyediakan trial selama 30 hari gratis. 

j)         Aktif Menjadi Peserta Pameran 

Pameran juga salah satu cara promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Hal ini karena pengujung yang hadir sesuai dengan target konsumen yang anda tetapkan. Dengan begitu kegiatan pemasaran dapat langsung tepat sasaran. Tidak hanya mendapatkan pelanggan, tetapi dapat menambah koneksi yang nantinya dapat membantu untuk mengembangkan usaha. Selain itu, dalam pameran akan memperoleh informasi tren pasar yang sedang di gemari masyarakat, dengan cara melihat minat pengujung terhadap produk yang ada di area pameran. Sehingga dapat menyusun strategi yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. 

k)        Gunakan Data Konsumen Untuk Promosi 

Tujuan mengumpulkan data konsumen adalah agar dapat memberikan promosi atau penawaran terbaru dari brand yang dipasarkan langsung  konsumen dengan menggunakan platform email atau messenger. Dengan mengkontak langsung pelanggan, maka promosi tidak akan menjadi sia-sia sehingga besar kemungkinan terjadinya pembelian. Tidak hanya promosi, cara ini juga dapat Anda gunakan untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Caranya dengan tidak hanya terus mengirimkan share promosi, namun sesekal memberikan ucapan selamat ulang tahun atau selamat hari raya pada momen-momen tertentu. 

b)        Pemilihan media promosi 

Membuat sebuah bisnis yang sukses harus efisien, efektif dan tumbuh. Setiap bisnis perlu bertumbuh dan berkembang dan semuanya itu diperlukan berbagai cara, salah satunya dengan media promosi yang tepat diantaranya adalah :

1)        Iklan adalah bentuk promosi bersifat masal dan nonpersonal. Oleh karena sirkulasinya luas maka biaya perunit menjadi lebih murah. Tetapi karena bersifat non personal maka iklan tidak mampu responsive. Oleh karena itu iklan tidak diharapkan sebagai media komunikatif interaktif. 

2)        Penjualan Personal adalah aktivitas penjualan yang bersifat promosional, karena bersifat personal, promosi ini sangat efektif membina komunikasi dua arah dengan audiens. 

3)        Promosi Penjualan adalah bentuk promosi personal maupun nonpersonal untuk mendongkrak penjualan dalam jangka pendek. Promosi penjualan memang dirancang dengan berbagai cara (personal maupun non personal) untuk mendorong penjualan pada saat-saat tertentu. 

4)        Publisitas adalah bentuk promosi yang lebih banyak dilakukan oleh masyarakat. Audiens sering berpendapat bahwa informasi produk dari sumber non-produsen tentu akan lebih fair atau jujur. 

5)        Identitas Produk adalah desain produk yang bersifat khas yang mempunyai daya tarik tersendiri. Identitas produk adalah bentuk penampilan promosi produk secara konkrit menunjukkan kelebihan-kelebihan yang ada. 

 Pertimbangan penentuan media tersebut berdasarkan : 

(1)     jenis dan karakter produk yang dipasarkan serta perilaku audiens 

(2)     program promosi pesaing. 

Ø  Pilihan Media Berdasarkan Produk 

Produk yang mempunyai tampilan unik dan mampu membangkitkan emosional akan lebih pas bila dipromosikan dengan iklan. 

Ø  Pilihan Media Berdasarkan Pesaing. 

Seringkali, perancang pilihan media diambil untuk menanggapi promosi  pesaing. Karena pesaing gencar memberikan hadiah kepada pelanggannya, tentu perusahaan harus merespons dengan program yang seimbang agar supaya tidak ditinggalkan oleh pelanggan. Selain itu evaluasi media cukup penting seperti evaluasi berbasis standar promosi, evaluasi berbasispola efek pengaruh, evaluasi berbasis metodologi, pra-test evaluation, pro-test evaluation, dan post-test evaluation. 

Ø  Evaluasi berbasis standar Promosi. 

Pada dasarnya tindak evaluasi adalah pembandingan nilai. Untuk dasar pembandingan diperlukan standar atau ukuran keberhasilan yaitu pernyataan tujuan atau anggaran promosi. 

Ø  Evaluasi Berbasis Pola Efek Pengaruh. 

Kampanye program promosi tidaklah begitu saja langsung saat yang bersamaan memberikan pengaruh. Selalu ada tenggang waktu antara eksekusi program dengan hasil kinerja program. 

Ø  Evaluasi Berbasis Metodologi 

Penentuan saat atau waktu evaluasi akan memberikan inforamsi yang berbeda. Metode evaluasi dapat dilakukan sebelum (pra-test), pada saat (pro-test) atau sesudah (post-test) program promosi dilaksanakan. Sebuah usaha yang menggunakan promosi penjualan. Misalnya memberi hadiah bagi beberapa orang pembeli pertama, membuat sampel produk, membuat kupon berhadiah, memberikan konsultasi pelanggan dan sebagainya. Dan jangan lupa berikan layanan terbaik agar pembeli mau datang lagi.


Kalau belum jelas, silahkan lihat Video Pembelajaran di bawah ini dan JANGAN lupa subscribe, like, komen dan klik lonceng/notifikasi, terima kasih




Referensi lain :

3.11. Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal

3.12. Menerapkan proses produksi massal

3.13. Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa

3.14. Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa

3.15. Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan

3.16. Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa.

3.17. Menentukan media promosi

3.18. Menyeleksi strategi pemasaran

3.19. Menilai perkembangan usaha





3.20. Menentukan standard laporan keuangan

1 comment: