A. Kompetensi Dasar
3.17.
Menentukan media promosi
B.
Indikator
3.17.1. Menjelaskan media promosi
3.17.2. Mengidentifikasi media promosi
3.17.3. Menganalisis media promosi
C.
Materi Pokok
a)
Menentukan Media Promosi
Memperkenalkan
sebuah produk menjadi sebuah brand yang dikenal kalayak luas
tidaklah mudah, diperlukan sebuah strategi. Promosi adalah media yang paling
tepat untuk membuat suksesnya penjualan. Tidak ada promosi, produsen tidak
mungkin mengenal brand dari produk yang akan dipasarkan.
Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum menentukan media promosi adalah :
a)
Menentukan target
yang Ingin dituju
Hal pertama
yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar yang potensial.
Pastikan bahwa produk dapat memenuhi kebutuhan target yang kita tentukan.
Bagaimana cara kita untuk menentukan target pasar yang tepat
? Untuk
menentukannya,
terlebih dahulu menentukan kelompok-kelompok pembelinya. Cara penentuannya
tidak hanya berdasarkan demografi saja namun anda juga harus melihat
kebiasan mereka dalam melakukan pembelian. Bila sudah menentukannya, maka akan lebih
mudah menganalisis konsep promosi yang akan dilakukan.
b)
Mengetahui bagimana karakter target konsumen anda
Karekter konsumen harus diketahui dengan tujuan untuk mendapatkan starategi pemasaran yang tidak biasa sehingga
dapat diterima dan menarik perhatian mereka. Contoh, memasarkan produk makanan
ringan dengan taget
konsumen dalam
kategori anak-anak. Saat menggunakan gaya bahasa dan desain yang sesuai
dunia mereka.
c)
Buat Konsep Promosi
Tema promosi atau pemasran
dilakukan untuk menarik konsumen atau target pasar yang sudah anda tentukan sebelumnya, seperti penyertaan tagline atau pesan
menarik. Anda dapat memaksimalkannya dengan menggabungkan pesan dengan
event-event tertentu, misalnya seperti yang dilakukan oleh minuman The Botol
Sosro, perusahaan minuman lokal ini melakukan pemasaran dengan pesan yang
sangat melekat dibenak semua orang, yaitu apapun makanannya, minumannya The
Botol Sosro.
d)
Sertakan Kelebihan Produk yang Dapat Membedakannya dengan Produk Lain
Tidak hanya konsep pemasaran, kelebihan produk juga dapat
disertakan
pada saat
mempromosikan produk. Hal ini dilakukan agar konsumen tahu apa yang membedakan
produk anda dengan produk serupa lainnya. Karena pada dasarnya pemilihan
konsumen berawal dari seberapa baik produsen melakukan promosi maka anda dapat
tarik perhatian konsumen dengan cara ini, yaitu dengan memaparkan
bahwa produk anda memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh brand lain,
seperti fiturnya yang lebih, komposisinya lebih baik, dan lain sebagainya.
e)
Buatlah Program Promosi yang Menarik
Memberikan
potongan harga atau memberikan produk secara gratis, dapat menciptakan
sebuah program promosi timbal balik. Maksudnya adalah dapat membuat promosi
yang melibatkan konsumen untuk melakukan “promosi” untuk produk atau
brand kita. Misalnya bila produk dalam bentuk kuliner, kita dapat memberikan gift
cards untuk pelanggan yang mengikuti sayembara tersebut. Di mana gift cards
tersebut dapat ditukarkan untuk pembelian berikutnya atau hadiah lainnya.
f)
Melakukan Promosi Online
Bagi pebisnis
internet seperti surganya tempat promosi. Pelaku usaha dapat bebas memilih
cara promosi yang mereka kehendaki, mulai yang berbayar hingga gratis dengan menggunakan
platform media sosial. Namun agar tidak hanya sekedar posting
produk tanpa mendapatkan penjualan apa-apa, ada baiknya melakukan
beberapa langkah berikut agar promosi di media sosial lebih efektif.
a)
Tawarkan promosi ekstra pada
audiens di sosial media. Bukan hanya menarik pelanggan lama cara ini juga dapat menarik perhatian pelanggan baru.
b)
Aktif melakukan mengajak pelanggan berdiskusi serta cepat merespons pertanyaan pelanggan di
media sosial.
c)
Buat konten yang akan dipromosikan secara menarik dan teratur. Konten haruslah yang bersifat informatif yang dapat menggugah rasa penasaran agar audiens tidak menganggap bahwa akun media sosial hanya tempat untuk promosi saja. Dalam pemilihan konten pastikan masih berhubungan dengan produk Anda, misalkan bila produk Anda adalah obat kecantikan,
g)
Anda dapat mem-posting artikel tentang
pentingnya perawatan tubuh dan lain sebagainya.
h)
Melakukan promosi offline
Meskipun sekarang ini promosi usaha
online atau online marketing sedang menjadi trand, namun pengaruh promosi offline
juga cukup besar terhadap penjualan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan promosi dengan cara konvensional,
yaitu dengan cara menyebar brosur, iklan koran dan
media cetak,
atau dapat
beriklan di papan reklame.
i)
Berikan Free
Sample
Kebanyakan
pembeli tertarik untuk membeli setelah mencoba produk, maka tidak ada
salahnya jika memberikan free sample untuk calon pelanggan. Percobaan cuma-cuma ini
tidak hanya berlaku untuk produk makanan saja, produk seperti software atau
produk yang sifatnya tidak dimakan juga dapat diaplikasikan. Seperti contohnya,
aplikasi manajemen keuangan, dengan menyediakan trial selama 30 hari gratis.
j)
Aktif Menjadi Peserta Pameran
Pameran juga
salah satu cara promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk ke
masyarakat. Hal ini karena pengujung yang hadir sesuai dengan target konsumen yang
anda tetapkan. Dengan begitu kegiatan pemasaran dapat langsung tepat sasaran.
Tidak hanya mendapatkan pelanggan, tetapi dapat menambah koneksi yang
nantinya dapat membantu untuk mengembangkan usaha. Selain itu, dalam pameran
akan memperoleh informasi tren pasar yang sedang di gemari masyarakat,
dengan cara melihat minat pengujung terhadap produk yang ada di area pameran.
Sehingga dapat menyusun strategi yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis.
k)
Gunakan Data Konsumen Untuk Promosi
Tujuan mengumpulkan data konsumen adalah agar dapat memberikan promosi atau penawaran terbaru dari brand
yang dipasarkan langsung konsumen dengan menggunakan platform
email atau messenger. Dengan mengkontak
langsung pelanggan, maka promosi tidak akan menjadi sia-sia sehingga besar
kemungkinan terjadinya pembelian. Tidak hanya promosi, cara ini juga dapat Anda
gunakan untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Caranya dengan
tidak hanya terus mengirimkan share promosi, namun sesekal memberikan
ucapan selamat ulang tahun atau selamat hari raya pada momen-momen tertentu.
b)
Pemilihan media promosi
Membuat sebuah
bisnis yang sukses harus efisien, efektif dan tumbuh. Setiap bisnis
perlu bertumbuh dan berkembang dan semuanya itu diperlukan berbagai cara,
salah satunya dengan media promosi yang tepat diantaranya adalah
:
1)
Iklan adalah
bentuk promosi bersifat masal dan nonpersonal. Oleh karena sirkulasinya
luas maka biaya perunit menjadi lebih murah. Tetapi karena bersifat non
personal maka iklan tidak mampu responsive.
Oleh karena itu iklan tidak diharapkan sebagai media komunikatif interaktif.
2)
Penjualan Personal adalah
aktivitas penjualan yang bersifat promosional, karena bersifat personal,
promosi ini sangat efektif membina komunikasi dua arah dengan audiens.
3)
Promosi Penjualan adalah bentuk promosi personal maupun nonpersonal untuk
mendongkrak penjualan dalam jangka pendek. Promosi penjualan memang
dirancang dengan berbagai cara (personal maupun non personal) untuk mendorong
penjualan pada saat-saat tertentu.
4)
Publisitas adalah bentuk promosi yang lebih banyak dilakukan oleh masyarakat.
Audiens sering berpendapat bahwa informasi produk dari sumber non-produsen
tentu akan lebih fair atau jujur.
5)
Identitas Produk adalah desain
produk yang bersifat khas yang mempunyai daya tarik tersendiri. Identitas produk adalah bentuk
penampilan promosi
produk secara
konkrit menunjukkan kelebihan-kelebihan yang ada.
Pertimbangan penentuan media tersebut berdasarkan
:
(1) jenis dan karakter produk yang dipasarkan serta perilaku audiens
(2) program promosi pesaing.
Ø Pilihan Media Berdasarkan Produk
Produk yang mempunyai tampilan unik dan mampu membangkitkan emosional akan lebih
pas bila dipromosikan dengan iklan.
Ø Pilihan Media Berdasarkan Pesaing.
Seringkali,
perancang pilihan media diambil untuk menanggapi promosi pesaing. Karena pesaing gencar memberikan hadiah kepada pelanggannya,
tentu perusahaan harus merespons dengan program yang seimbang agar
supaya tidak ditinggalkan oleh pelanggan. Selain itu evaluasi media cukup penting seperti evaluasi
berbasis standar promosi, evaluasi berbasispola efek pengaruh, evaluasi berbasis
metodologi, pra-test
evaluation, pro-test
evaluation, dan post-test evaluation.
Ø Evaluasi berbasis standar Promosi.
Pada dasarnya
tindak evaluasi adalah pembandingan nilai. Untuk dasar pembandingan
diperlukan standar atau ukuran keberhasilan yaitu pernyataan
tujuan atau anggaran promosi.
Ø Evaluasi Berbasis Pola Efek Pengaruh.
Kampanye program
promosi tidaklah begitu saja langsung saat yang bersamaan
memberikan pengaruh. Selalu ada tenggang waktu antara eksekusi
program dengan hasil kinerja program.
Ø Evaluasi Berbasis Metodologi
Penentuan saat atau waktu evaluasi akan memberikan inforamsi yang berbeda. Metode evaluasi dapat dilakukan sebelum (pra-test), pada saat (pro-test) atau sesudah (post-test) program promosi dilaksanakan. Sebuah usaha yang menggunakan promosi penjualan. Misalnya memberi hadiah bagi beberapa orang pembeli pertama, membuat sampel produk, membuat kupon berhadiah, memberikan konsultasi pelanggan dan sebagainya. Dan jangan lupa berikan layanan terbaik agar pembeli mau datang lagi.
Referensi lain :
3.11. Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal
3.12. Menerapkan proses produksi massal
3.13. Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa
3.14. Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
3.15. Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
3.16. Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa.
3.17. Menentukan media promosi
3.18. Menyeleksi strategi pemasaran
3.19. Menilai perkembangan usaha
3.20. Menentukan standard laporan keuangan
Penjelasannya Sangat Baik
ReplyDelete