STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
REKAYASA
PERANGKAT LUNAK (RPL)
SMK NEGERI 2
KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
A. Dasar Kompetensi
Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Merakit personal
computer
1.1. Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
1.2. Melakukan instalasi
komponen PC
1.3. Melakukan
keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4. Mengatur
komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen
sistem operasi).
1.5. Menyambung
periferal menggunakan Software
1.6. Memeriksa hasil
perakitan PC dan pemasangan periferal.
2.
Melakukan instalasi sistem operasi dasar
1.1. Menjelaskan
langkah instalasi sistem operasi
1.2. Melaksanakan
instalasi software sesuai Installation Manual
1.3. Mengecek hasil
instalasi menggunakan software (sampling)
1.4. Melakukan
troubleshooting.
3.
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja
dan Lingkungan Hidup (K3LH)
3.1. Mendeskripsikan
keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2. Melaksanakan
prosedur K3
3.3. Menerapkan
konsep lingkungan hidup
3.4. Menerapkan
ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
B.
Kompetensi Kejuruan
STANDAR
KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menerapkan
teknik elektronika analog dan digital dasar
1.1. Menerapkan teori
kelistrikan
1.2. Mengenal
komponen elektronika
1.3. Menggunakan
komponen elektronika
1.4. Menerapkan
konsep elektronika digital
1.5. Menerapkan
sistem bilangan digital
1.6. Menerapkan
elektronika digital untuk komputer.
2. Menerapkan
algoritma pemrograman tingkat dasar
2.1. Menjelaskan
struktur algoritma
2.2. Membuat alur
logika pemrograman
2.3. Menjelaskan Data
Flow Diagram (DFD)
2.4. Membuat diagram
alir pemrograman
2.5. Menjelaskan
varian dan invariant
2.6. Menerapkan
pengelolaan array
3. Menerapkan
algoritma pemrograman tingkat lanjut
3.1. Menjelaskan
prinsip array multi dimensi
3.2. Mengunakan array
multi dimensi
3.3. Menggunakan
prosedur dan fungsi
3.4. Menggunakan
library pemrograman grafik.
4. Membuat basis
data
4.1. Mengidentifikasi
struktur hirarki basis data
4.2. Menjelaskan
Entity Relationship Diagram (ERD)
4.3. Menerapkan
normalisasi basis data
4.4. Membuat database
management system (DBMS).
5. Menerapkan
aplikasi basis data
5.1. Menjelaskan
jenis perintah SQL
5.2. Membuat table
basis data
5.3. Menerapkan query
pada basis data
5.4. Membuat form
basis data
5.5. Menerapkan macro
pada basis data
5.6. Membuat report.
6. Memahami
pemrograman visual berbasis desktop
6.1. Menjelaskan IDE
aplikasi bahasa pemograman
6.2. Menjelaskan
objek aplikasi bahasa pemograman
6.3. Menjelaskan user
interface aplikasi bahasa pemograman
6.4. Menjelaskan tipe
file
6.5. Menjalankan
aplikasi.
7.
Membuat paket software aplikasi berbasis
desktop
7.1. Menjelaskan menu
aplikasi
7.2. Menyiapkan
sistem komputer
7.3. Mendemonstrasikan
aplikasi paket installer
7.4. Menyimpan
installer aplikasi
7.5. Menghubungkan
aplikasi dengan basis data
8. Mengoperasikan
sistem operasi jaringan komputer
8.1. Menjelaskan
fungsi periferal jaringan komputer
8.2. Mengidentifikasikan
ketersambungan jaringan
8.3. Mengoperasikan
aplikasi jaringan komputer
8.4. Melakukan
pemutusan jaringan.
9. Menerapkan
bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
9.1. Menjelaskan
konsep pengoperasian bahasa pemrograman (SQL)
9.2. Mempersiapkan
perangkat lunak SQL
9.3. Mendeskripsikan
menu aplikasi SQL
9.4. Membuat tabel
9.5. Mengoperasikan
tabel dan table view.
10. Menerapkan bahasa
pemrograman SQL tingkat lanjut
10.1.
Menentukan
formula pembentukan data dengan batasan waktu
10.2.
Membuat
prosedur dan fungsi
10.3.
Menulis
kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
10.4.
Mengoperasikan
trigger.
11. Menerapkan
dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
11.1.
Menjelaskan
konsep dasar dan teknologi Webpage
11.2.
Menjelaskan
struktur dokumen HTML
11.3.
Menambahkan
objek pada web
11.4.
Membuat
tabel pada web
11.5.
Membuat
Link pada web
11.6.
Menyimpan
dokumen
11.7.
Menguji
dokumen.
12. Membuat halaman
web dinamis tingkat dasar
12.1.
Menjelaskan
konsep pembuatan halaman web dinamis
12.2.
Mempersiapkan
lingkungan teknis
12.3.
Membuat
halaman web dinamis sederhana
12.4.
Menambahkan
fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5.
Menguji
halaman web dinamis.
13. Membuat halaman
web dinamis tingkat lanjut
13.1.
Menjelaskan
konsep pemrograman web dinamis
13.2.
Mempersiapkan
pembuatan aplikasi
13.3.
Membuat
web menggunakan bahasa script.
14. Merancang
aplikasi teks dan desktop berbasis objek
14.1.
Menjelaskan
dasar-dasar pemrograman
14.2.
Menerapkan
fungsi
14.3.
Menerapkan
pointer
14.4.
Menjelaskan
class
14.5.
Merancang
aplikasi berorientasi objek.
15. Menggunakan
bahasa pemrograman berorientasi objek
15.1.
Menggunakan
tipe data control program
15.2.
Membuat
class
15.3.
Membuat
inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
15.4.
Membuat
interface dan paket
15.5.
Mengkompilasi
program berorientasi objek.
16. Merancang
program aplikasi web berbasis objek
16.1.
Menjelaskan
file I/O (Input/Output), tipe data dan variable pada java programming
16.2.
Menjelaskan
exception handling
16.3.
Menjelaskan
applet
16.4.
Menerapkan
konektivitas basis data.
17. Membuat aplikasi
basis data menggunakan SQL
17.1.
Menjelaskan
kebutuhan software
17.2.
Membuat
Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3.
Membuat
Data Flow Diagram (DFD)
17.4.
Mempersiapkan
lembar kerja Basis Data
17.5.
Menggunakan
sintaks-sintaks khusus SQL
17.6.
Membuat
Query Basis Data.
18. Mengintegrasikan
basis data dengan sebuah web
18.1.
Menjelaskan
prosedur pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2.
Mempersiapkan
basis data
18.3.
Membuat
login pada basis data
18.4.
Membuat
koneksi basis data pada web
18.5.
Menguji
konektivitas basis data pada web.
19. Membuat program
basis data
19.1.
Menjelaskan
konsep pembuatan DBMS berbasis Client-Server
19.2.
Menggunakan
SQL
19.3.
Menggunakan
stored procedures
19.4.
Menggunakan
triggers
19.5.
Menggunakan
administrasi SQL
19.6.
Menjelaskan
struktur program aplikasi
19.7.
Menerapkan
SQL.
No comments:
Post a Comment