Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Tuesday, January 15, 2019

SKL RPL



STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (RPL)
SMK NEGERI 2 KARANGANYAR
TAHUN PELAJARAN 2018/2019


A.       Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1.       Merakit personal computer
1.1.  Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
1.2.  Melakukan instalasi komponen PC
1.3.  Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4.  Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).
1.5.  Menyambung periferal menggunakan Software
1.6.  Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
2.       Melakukan instalasi sistem operasi dasar
1.1.  Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
1.2.  Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
1.3.  Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
1.4.  Melakukan troubleshooting.
3.       Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
3.1.  Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2.  Melaksanakan prosedur K3
3.3.  Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4.  Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

B.       Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1.       Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
1.1.  Menerapkan teori kelistrikan
1.2.  Mengenal komponen elektronika
1.3.  Menggunakan komponen elektronika
1.4.  Menerapkan konsep elektronika digital
1.5.  Menerapkan sistem bilangan digital
1.6.  Menerapkan elektronika digital untuk komputer.
2.       Menerapkan algoritma pemrograman tingkat dasar
2.1.  Menjelaskan struktur algoritma
2.2.  Membuat alur logika pemrograman
2.3.  Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
2.4.  Membuat diagram alir pemrograman
2.5.  Menjelaskan varian dan invariant
2.6.  Menerapkan pengelolaan array
3.       Menerapkan algoritma pemrograman tingkat lanjut
3.1.  Menjelaskan prinsip array multi dimensi
3.2.  Mengunakan array multi dimensi
3.3.  Menggunakan prosedur dan fungsi
3.4.  Menggunakan library pemrograman grafik.
4.       Membuat basis data
4.1.  Mengidentifikasi struktur hirarki basis data
4.2.  Menjelaskan Entity Relationship Diagram (ERD)
4.3.  Menerapkan normalisasi basis data
4.4.  Membuat database management system (DBMS).
5.       Menerapkan aplikasi basis data
5.1.  Menjelaskan jenis perintah SQL
5.2.  Membuat table basis data
5.3.  Menerapkan query pada basis data
5.4.  Membuat form basis data
5.5.  Menerapkan macro pada basis data
5.6.  Membuat report.
6.       Memahami pemrograman visual berbasis desktop
6.1.  Menjelaskan IDE aplikasi bahasa pemograman
6.2.  Menjelaskan objek aplikasi bahasa pemograman
6.3.  Menjelaskan user interface aplikasi bahasa pemograman
6.4.  Menjelaskan tipe file
6.5.  Menjalankan aplikasi.
7.       Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
7.1.  Menjelaskan menu aplikasi
7.2.  Menyiapkan sistem komputer
7.3.  Mendemonstrasikan aplikasi paket installer
7.4.  Menyimpan installer aplikasi
7.5.  Menghubungkan aplikasi dengan basis data
8.       Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
8.1.  Menjelaskan fungsi periferal jaringan komputer
8.2.  Mengidentifikasikan ketersambungan jaringan
8.3.  Mengoperasikan aplikasi jaringan komputer
8.4.  Melakukan pemutusan jaringan.
9.       Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
9.1.  Menjelaskan konsep pengoperasian bahasa pemrograman (SQL)
9.2.  Mempersiapkan perangkat lunak SQL
9.3.  Mendeskripsikan menu aplikasi SQL
9.4.  Membuat tabel
9.5.  Mengoperasikan tabel dan table view.
10.   Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat lanjut
10.1.   Menentukan formula pembentukan data dengan batasan waktu
10.2.   Membuat prosedur dan fungsi
10.3.   Menulis kode program pembangkitan data dengan batasan waktu
10.4.   Mengoperasikan trigger.
11.   Menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
11.1.   Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage
11.2.   Menjelaskan struktur dokumen HTML
11.3.   Menambahkan objek pada web
11.4.   Membuat tabel pada web
11.5.   Membuat Link pada web
11.6.   Menyimpan dokumen
11.7.   Menguji dokumen.
12.   Membuat halaman web dinamis tingkat dasar
12.1.   Menjelaskan konsep pembuatan halaman web dinamis
12.2.   Mempersiapkan lingkungan teknis
12.3.   Membuat halaman web dinamis sederhana
12.4.   Menambahkan fungsi-fungsi pada halaman web dinamis
12.5.   Menguji halaman web dinamis.
13.   Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut
13.1.   Menjelaskan konsep pemrograman web dinamis
13.2.   Mempersiapkan pembuatan aplikasi
13.3.   Membuat web menggunakan bahasa script.
14.   Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
14.1.   Menjelaskan dasar-dasar pemrograman
14.2.   Menerapkan fungsi
14.3.   Menerapkan pointer
14.4.   Menjelaskan class
14.5.   Merancang aplikasi berorientasi objek.
15.   Menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek
15.1.   Menggunakan tipe data control program
15.2.   Membuat class
15.3.   Membuat inheritance, polimorphy, overloading, dan friends
15.4.   Membuat interface dan paket
15.5.   Mengkompilasi program berorientasi objek.
16.   Merancang program aplikasi web berbasis objek
16.1.   Menjelaskan file I/O (Input/Output), tipe data dan variable pada java programming
16.2.   Menjelaskan exception handling
16.3.   Menjelaskan applet
16.4.   Menerapkan konektivitas basis data.
17.   Membuat aplikasi basis data menggunakan SQL
17.1.   Menjelaskan kebutuhan software
17.2.   Membuat Entity Relationship Diagram (ERD)
17.3.   Membuat Data Flow Diagram (DFD)
17.4.   Mempersiapkan lembar kerja Basis Data
17.5.   Menggunakan sintaks-sintaks khusus SQL
17.6.   Membuat Query Basis Data.
18.   Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web
18.1.   Menjelaskan prosedur pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web
18.2.   Mempersiapkan basis data
18.3.   Membuat login pada basis data
18.4.   Membuat koneksi basis data pada web
18.5.   Menguji konektivitas basis data pada web.
19.   Membuat program basis data
19.1.   Menjelaskan konsep pembuatan DBMS berbasis Client-Server
19.2.   Menggunakan SQL
19.3.   Menggunakan stored procedures
19.4.   Menggunakan triggers
19.5.   Menggunakan administrasi SQL
19.6.   Menjelaskan struktur program aplikasi
19.7.   Menerapkan SQL.







No comments:

Post a Comment