Apa tujuan dari pembuatan modul ini?
Modul ini dikembangkan untuk digunakan oleh siswa, orang tua dan guru di
jenjang SD dalam memfasilitasi pembelajaran siswa dalam masa pandemi Covid atau
kondisi khusus lainnya. Modul ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi
guru untuk mengembangkan perangkat ajar lain dalam upaya memfasiliatsi siswa
untuk belajar dalam kondisi khusus. Modul ini dikembangkan dengan merujuk pada
Kompetensi dasar dalam Penyederhaan kurikulum namun aktivitas pembelajaran di
optimalisasi untuk mencapai kompetensi lilterasi dan numerasi pada semua mata
pelajaran.
Siapa yang membuat modul ini?
Rangkaian modul ini dikembangkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran
dengan melibatkan ahli di bidang pendidikan khususnya literasi dan numerasi sebagai
pengarah materi dan penulis serta para ilustrator di bidang buku cerita anak.
Unduh Modul Belajar Literasi dan Numerasi Jenjang
SD
KELAS 1 |
Tema 1 |
Sub Tema 1: |
|
Diriku |
Keluarga |
||
|
|
||
|
Sub Tema 2: |
||
|
Budaya Hidup Sehat |
||
|
|
||
|
Sub Tema 3: |
||
|
Aktivitas yang menyehatkan |
||
|
|
||
|
Sub Tema 4: |
||
|
Perasaanku |
||
|
|
||
Tema 2 |
Sub Tema 1: |
||
Makhluk Hidup |
Tanaman |
||
dan Benda Mati |
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Serangga dan binatang kecil |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Makhluk hidup dan benda mati |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
mainan |
||
|
|
||
Tema 3 |
Sub tema 1: |
||
Pancaindra |
kegunaan pancaindra |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
pancaindra dan lingkungan |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
kesehatan pancaindra |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
alat yang membantu pancaindra |
||
|
|
||
Tema 4 |
Sub tema 1: |
||
Memelihara Diri dan |
Merawat Diri Sendiri |
||
Lingkungan Kita |
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
|
|
|
KELAS 2 |
Tema 1 |
Sub Tema 1: |
|
Diriku |
Keluarga |
||
|
|
||
|
Sub Tema 2: |
||
|
Budaya Hidup Sehat |
||
|
|
||
|
Sub Tema 3: |
||
|
Aktivitas yang menyehatkan |
||
|
|
||
|
Sub Tema 4: |
||
|
Perasaanku |
||
|
|
||
Tema 2 |
Sub Tema 1: |
||
Makhluk Hidup |
Tanaman |
||
dan Benda Mati |
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Serangga dan binatang kecil |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Makhluk hidup dan benda mati |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
mainan |
||
|
|
||
Tema 3 |
Sub tema 1: |
||
Pancaindra |
kegunaan pancaindra |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
pancaindra dan lingkungan |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
kesehatan pancaindra |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
alat yang membantu pancaindra |
||
|
|
||
Tema 4 |
Sub tema 1: |
||
Memelihara Diri dan |
Merawat Diri Sendiri |
||
Lingkungan Kita |
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
|
|
|
KELAS 3 |
Tema 1 |
Sub Tema 1: |
|
Diriku |
Keluarga |
||
|
|
||
|
Sub Tema 2: |
||
|
Budaya Hidup Sehat |
||
|
|
||
|
Sub Tema 3: |
||
|
Aktivitas yang menyehatkan |
||
|
|
||
|
Sub Tema 4: |
||
|
Perasaanku |
||
|
|
||
Tema 2 |
Sub Tema 1: |
||
Makhluk Hidup |
Tanaman |
||
dan Benda Mati |
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Serangga dan binatang kecil |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
Modul belum tersedia |
|
|
Makhluk hidup dan benda mati |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
mainan |
||
|
|
||
Tema 3 |
Sub tema 1: |
||
Pancaindra |
kegunaan pancaindra |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
pancaindra dan lingkungan |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
kesehatan pancaindra |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
alat yang membantu pancaindra |
||
|
|
||
Tema 4 |
Sub tema 1: |
||
Memelihara Diri dan |
Merawat Diri Sendiri |
||
Lingkungan Kita |
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
|
|
|
KELAS 4 |
Tema 1 |
Sub tema 1: |
|
Lingkunganku |
Lingkungan Fisik |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Linkungan sosial budaya |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Lingkunagn sosial budaya |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Lingkungan biologi |
||
|
|
||
Tema 2 |
Sub tema 1: |
||
Ketahanan Pangan |
Pangan |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Dari alam ke pasar |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Pengawetan makanan |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Daur ulang makanan |
||
|
|
||
Tema 3 |
Sub tema 1: |
||
Sistem Tubuh |
Sistem gerak |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Pencernaan dan pernapasan |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Peredaran darah dan reproduksi |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Keterkaitan antar sistem |
||
|
|
||
Tema 4 |
Sub tema 1: |
||
Media Komunikasi |
Suara dan Bunyi |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
|
|
|
KELAS 5 |
Tema 1 |
Sub tema 1: |
|
Lingkunganku |
Lingkungan Fisik |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Linkungan sosial budaya |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Lingkunagn sosial budaya |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Lingkungan biologi |
||
|
|
||
Tema 2 |
Sub tema 1: |
||
Ketahanan Pangan |
Pangan |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Dari alam ke pasar |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Pengawetan makanan |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Daur ulang makanan |
||
|
|
||
Tema 3 |
Sub tema 1: |
||
Sistem Tubuh |
Sistem gerak |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Pencernaan dan pernapasan |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Peredaran darah dan reproduksi |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Keterkaitan antar sistem |
||
|
|
||
Tema 4 |
Sub tema 1: |
||
Media Komunikasi |
Suara dan Bunyi |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
|
|
|
KELAS 6 |
Tema 1 |
Sub tema 1: |
|
Lingkunganku |
Lingkungan Fisik |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Linkungan sosial budaya |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Lingkunagn sosial budaya |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Lingkungan biologi |
||
|
|
||
Tema 2 |
Sub tema 1: |
||
Ketahanan Pangan |
Pangan |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Dari alam ke pasar |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Pengawetan makanan |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Daur ulang makanan |
||
|
|
||
Tema 3 |
Sub tema 1: |
||
Sistem Tubuh |
Sistem gerak |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
Pencernaan dan pernapasan |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
||
|
Peredaran darah dan reproduksi |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
||
|
Keterkaitan antar sistem |
||
|
|
||
Tema 4 |
Sub tema 1: |
||
Media Komunikasi |
Suara dan Bunyi |
||
|
|
||
|
Sub tema 2: |
||
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 3: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
||
|
Sub tema 4: |
Modul belum tersedia |
|
|
– |
||
|
|
Sumber
: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/tingkat-sd-modul-belajar-literasi-numerisasi/
No comments:
Post a Comment