sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Saturday, June 17, 2023

Islam Menyampaikan 5 Sumber Penyebab Kesusahan Hidup Manusia

Pernah gak terpikirkan kenapa hidup hanya gini-gini aja, ya tidak ada perubahan, tidak ada peningkatan, dan merasa kurang terus dalam hidup. 

Mungkin sebaiknya, kita merenungkan kembali atas diri kita sendiri apa penyebab hidup selalu kesulitan terus. Di dalam islam pun sangat menganjurkan umatnya untuk selalu ber-muhasabah atau introspeksi diri.

Penjelasan menurut islam perihal penyebab dari kesulitan ini semua.

1. Meninggalkan salat

Dalam hadis Baihaqi Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Salat adalah tiang agama, barang siapa mendirikannya, maka sungguh ia telah menegakkan agama (Islam) itu dan barang siapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu."

Kalau meninggalkan salat sekalipun, maka tiang agamanya pasti runtuh dan itulah yang bisa jadi penyebabnya kesulitan hidup seseorang. 


2. Durhaka kepada kedua orang tua

Jika pernah durhaka kepada kedua orang tua, segeralah minta maaf dan berbaktilah pada mereka karena hal ini termasuk jadi penyebabnya kesulitan hidup.

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Nasai, Rasulullah SAW, beliau bersabda :

“Tiga orang yang tidak akan dipandang Allah di hari kiamat. Yaitu yang durhaka kepada orang tua, yang kecanduan alkohol, yang juga mengungkit-ungkit pemberian. Dan tiga orang yang tidak akan masuk surga, yang durhaka pada orang tua, dayyuts (membiarkan istrinya melakukan maksiat), dan lelaki yang menyerupai perempuan.” 


3. Jauh lisan dan hatinya dari Al-Quran

Adanya Al-Quran adalah sebagai petunjuk bagi manusia dalam kehidupannya, yang dapat memisahkan antara yang hak dan yang batil, atau antara yang benar dan yang salah. Al Quran mengandung banyak pokok ajaran sehingga seluruh hidup dan kehidupan ini menjadi teratur.

Allah Ta'ala berfirman : 

"Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit"(QS Thaha:124) 

Jika berpaling dari Al-Quran, maka penghidupannya begitu sempit, apa pun dalam aspek kehidupannya dan di akhirat.


4. Bergaul dengan orang-orang yang buruk akhlaknya

Dalam islam, akhlak begitu sangat penting untuk dimiliki oleh manusia. Nabi Muhammad pun menyebut dirinya diutus Allah karena tujuannya untuk menyempurnakan akhlak. Dengan adanya akhlak, itu lebih baik dari lainnya. Dalam hadis Madarijus Salikin II/318-319 pun menyebutkan;

"Padahal akhlak itu sangatlah sederhana, berbuat baik kepada orang lain, menghindari sesuatu yang dapat menyakitinya (baik fisik maupun hati) dan menahan diri ketika disakiti"


5. Tidak bersyukur dalam hidup

Penyebabnya kesusahan dalam hidup manusia yaitu tidak pernah mensyukuri atas nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya. Padahal Allah menjanjikan bahwa dengan banyaknya kita bersyukur dalam hidup, niscaya nikmat kita akan dilipatgandakan.

Allah Ta'ala berfirman:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”(QS Ibrahim:7) 

Ya Allah Ya Tuhanku, berilah kemampuan kepada kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya untuk instropeksi diri dan terjaga dari hal² yang bisa menyebabkan kesusahan ini.

Aamiin

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment