sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Monday, August 21, 2023

Amalan Ringan Ini Bisa Menjadi Pembuka Berkah

Saat ini, sebagian sunnah Rasulullah yang banyak terlupakan, baik yang berbentuk perkataan maupun perbuatan beliau. 

Rasulullah Saw bersabda: "Barang siapa menghidupkan salah satu sunnahku yang telah dimatikan, sesudahku (sesudah aku meninggal dunia), maka bagi orang tersebut pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya, tanpa dikurangi sedikit pun dari pahala mereka". (HR at-Tirmidzi)

Berikut di antara amalan sunnah yang sangat ringan yang bisa kita lakukan sehari-hari: 

  1. Bangun lebih awal, yaitu sebelum waktu subuh tiba.
  2. Tersenyum, salah satu sunnah yang bisa dilakukan setiap saat adalah dengan memberikan senyuman.
  3. Menggunakan siwak, benda sederhana seperti siwak ternyata mempunyai keutamaan jika digunakan untuk beribadah. Salah satu contohnya, salat 2 rokaat dengan bersiwak dianggap setara dengan salat 70 rakaat tanpa bersiwak.
  4. Berbicara baik atau diam, seorang muslim disunnahkan untuk selalu berkata baik dan atau diam ketika ada keinginan berkata buruk.
  5. Tidur menghadap kanan, membiasakan cara tidur sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang telah dijelaskan pada hadis berikut. “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari dan Muslim )
  6. Makan dan minum sambil duduk, hal sederhana seperti makan dan minum juga bisa menjadi amalan sunnah. Dengan mengikuti apa yang diajarkan oleh Rasulullah.
  7. Mengucap salam ketika masuk rumah, terlebih jika kembali ke rumah dalam keadaan tak berpenghuni. Ada setan yang menghuni rumah ketika tidak ada penghuninya. Untuk mengusirnya, Anda cukup membaca basmalah ketika masuk dan mengucapkan salam.
  8. Bersedekah, tidak ada hari yang dilewatkan Rasulullah SAW tanpa bersedekah. Sedekah dengan senyuman, membuang duri dari jalan yang biasa dilewati banyak orang merupakan bagian dari sedekah. Begitupun dengan tutur kata yang baik juga merupakan sedekah. (HR Bukhari)


Ya Allah Al Khaliq, berilah kemampuan kepada kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya untuk dapat istiqomah menghidupkan sunah Rosul ini dalam keseharian kami.

Aamiin Ya Robbal'alamin.

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.


No comments:

Post a Comment