sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Sunday, October 29, 2023

Belajar Mencintai Salat Tahajjud

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam"(HR Muslim)

Meskipun tergolong sebagai ibadah sunnah, tetapi dengan melakukan tata cara dan niat yang sungguh-sungguh untuk mengharap ridho Allah Subhana wata'ala, maka salat tahajud akan memberikan pahala yang melimpah. Salat tahajjud juga merupakan ibadah yang istimewa. Allah yang langsung menginformasikannya di dalam Al-Qur'an. Siapapun yang mengerjakannya akan disebut sebagai hamba-NYA yang terpuji di mata Allah.

Q.S Al-Isra ayat 79 :“Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji,” 

Bagaimana agar kita mencintai salat tahajjud? Ada beberapa tips. 

1. Paksakan Diri

Paksakan diri untuk tahajjud, suka atau tidak,ringan ataupun berat, paksakan diri untuk bangun tengah malam menjelang subuh. 


2. Jadikan Kebiasaan

Beberapa bentuk paksaan akan berubah menjadi 'kebiasaan'. Kita akan merasa aneh jika tidak tahajjud, kita akan terbiasa bangun saat jam tahajud, walaupun tanpa alarm. 


3. Jadikan Keharusan

Kebiasaan yang berterusan di lakukan akan berubah menjadi 'kemestian'. Ukhti, mesti dan harus salat tahajjud. Di tahap ini sudah mulai tumbuh benih-benih cinta tahajjud, lalu akan merasa rugi jika tidak tahajjud. 


4. Menikmati

Pada tahap ini tahajjud sudah menjadi kemestian..salat tahajjud berlama lama adalah 'kenikmatan'. Sedangkan ketika terlewat tidak tahajjud akan membuat diri resah. 


Ibnu Taimiyyah berkata, “Manusia pada akhir malam, keadaan hatinya akan fokus dan dekat kepada Allah serta lembut, di mana tidak didapati keadaan ini kecuali pada waktu tersebut.” [Majmu’ Fatawa 5/130] 


Ya Allah Al Baaru, semoga Engkau memberi kami, kel, shbt dan kel nya kekuatan untuk istiqomah bertahajjud.

Aamiin Ya Robbal'alamin

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment