sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Monday, November 6, 2023

Perkara-perkara yang Bisa Meracuni Hati

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan beberapa hal yang dapat meracuni hati manusia ini: 

1. Berbicara berlebihan  

Rasulullah saw selalu mencontohkan kepada ummatnya untuk berkata yang baik-baik saja. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh H.R Bukhari dan Muslim bahwasanya Rasulullah pernah bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam.”

Rasulullah bersabda, “Termasuk kebaikan islamnya seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).


2. Berlebihan dalam makan

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, “Tidaklah ada bejana yang diisi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan tulang punggungnya. Jika tidak bisa, maka hendaknya sepertiga dari perutnya diisi dengan makanan, sepertiga dengan minuman, dan sepertiga untuk bernafas.” (H.R Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah.)


3. Berlebihan dalam bergaul

Firman Allah Ta'ala : “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” Bukan berarti kita tidak boleh bergaul, namun tetap memilih seorang sahabat adalah yang dapat membawa dan selalu mengingatkan kita pada jalan yang lurus." (QS Az-Zukhruf : 67)


4. Berlebihan dalam memandang

Dalam surat An-Nur : 30, Allah berfirman : ”Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaklah mereka menundukkan pandangannya dan memelihara kemaluannya, yang demikian adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.”


Ya Allah Al Muqsith, berilah kekuatan kepada kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya untuk menjauhi perkara-perkara yang bisa meracuni hati kami.

Aamiin Ya Robbal'alamin

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment