sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Saturday, December 30, 2023

Dosa-Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah SWT

Catatan 26 November 2023


Merangkum buku Dosa-Dosa Besar karya Imam Adz-Dzhabi, berikut tujuh dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT:

1. Syirik

Allah Ta'ala berfirman :

: "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa yang mempersekutukan-Nya, namun Dia akan mengampuni dosa selain perbuatan syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya."(QS An-Nisa : 116) 

2. Sihir

Dalam mengajarkan sihir kepada manusia, setan tidak memiliki maksud kecuali agar manusia menjadi musyrik.

Betapa banyaknya manusia yang tersesat saat mempelajari ilmu sihir dan menyangka bahwa hukum sihir hanya haram. Mereka tidak menyangka bahwa hukum sebenarnya adalah kufur.

3. Membunuh jiwa

Membunuh adalah menghilangkan nyawa seseorang dengan sengaja karena alasan dendam, iri hati, fitnah atau karena yang lain tidaklah dibenarkan dalam Islam. Barang siapa yang melakukannya maka Allah akan menghukum dengan menjebloskan mereka ke neraka jahanam

4. Memakan tiba

Allah SWT dalam surat Al-Imran ayat 130 berikut : "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu makan riba dengan cara menggandakan, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat keberkahan"

5. Memakan harta anak yatim

Allah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 10:

"Sesungguhnya orang-orang yang menzalimi dengan memakan harta anak yatim, mereka seolah-olah menelan api dalam perutnya, dan kelak mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)."

6. Melarikan Diri saat Perang

Mereka yang lari dari medan perang akan Allah jerumuskan ke neraka jahanam, karena tindakan itu akan melemahkan kaum muslim dan membuat musuh semakin kuat.

7. Menuduh perempuan terhormat berbuat zina

Dijelaskan dalam surat An-Nur ayat 4 berikut : "Dan bagi orang-orang yang menuduh perempuan-perempuan baik berzina tanpa mendatangkan empat orang saksi, maka hukumannya adalah delapan puluh kali dera, dan kesaksian mereka tidak boleh diterima selama-lamanya. Mereka itulah orang-orang yang fasik."


Ya Allah Yang Maha Mengatur, berilah kekuatan kpd kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya untuk menjauhi dosa² yang diampuni oleh-Mu.

Aamiin Ya Robbal'alamin

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment