sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Tuesday, July 28, 2015

Info Power Bank

Seputar Info Tentang Power Bank !                                   

  1. USB port pada computer/laptop pada umumnya adalah output 5v, 0,5A
  2. Untuk recommended output voltage masing-masing gadget dapat dilihat langsung pada travel charger original nya,  misalnya Samsung Galaxy Note 2 adalah 5.0v ,2.0A.
  3. Pastikan power bank yang memiliki Dual USB Port 1A & 2A karena penggunaan spesifikasi umum HP sekarang adalah di USB 1A sedangkan iPad/Galaxy Tab, netbooks etc di USB 2A. Sehubungan dengan lebih besarnya aliran USB Port 2A daripada USB Port 1A maka charging time akan jauh menjadi lebih cepat& singkat dalam waktu pengisian tentunya
  4. Kapasitas battery ditentukan berdasarkan satuan  mAh (miliAmpere Hour) atauAh(Ampere Hour) yang artinya jumlah arus yg dapat dikeluarkan dalam setiap jam.

Contohnya:  

  • Untuk sebuah battery dengan kapasitas 2000mAh =2Ah, berarti battery tersebut dapat mengalirkan arus   sebesar 2 ampere dlm satu jam sampai kosong, atau dengan pengertian alternatif nya dengan arus 1 ampere dalam 2 jam, atau 0,5 ampere dalam 4 jam dan seterusnya. 
  • Secara teori untuk menghitung lamanya proses charging daripada battery itu sendiri  dapat diperkirakan dengan mengunakan kalkulasi seperti contohnya battery Samsung Galaxy Note 2 adalah 3100mAh dengan original travel charger 5.0v , 2A maka lama waktunya charging adalah sekitar 1,5jam (3100 : 2000), terlepas dari jenis battery itu sendiri yang dipakai tentunya. 


Komponen &Cara Kerja Battery Pada Power Bank :
  • Battery Lithium umumnya bekerja pada tegangan 3,7v
  • Ada 2 jenis battery Lithium yang sering dijumpai di pasaran, yaitu battery Lithium Ion (Li-Ion) & Lithium Polymer (Li-Polymer). Penggunaan battery jenis ini pada power bank biasanya disusun parallel dan battery jenis Lithium Ion (Li-Ion) adalah yang lebih banyak dipasarkan karena harganya yang lebih murah.
  • Lithium Polymer (Li-Polymer) adalah jenis battery yang akhir-akhir ini lebih popular& banyak digunakan sebagai battery original gadget pada umumnya. 
  • Untuk keterangan & perbandingan antara battery Li-Ion dengan Li-Polymer bisa dengan mudah dicari lewat internet /Google Online.
  • Untuk pengisian daya pada jenis battery Lithium itu sendiri membutuhkan tegangan 5.0v sehingga diperlukan komponen booster sejenis IC regulator yang dapat menaikan tegangan dari  3,7v menjadi 5.0v.
  • Konsekuensi menaikkan tegangan tersebut adalah pengurangan dalam jumlah kapasitas battery atau biasanya disebut “Conversion Rate”.
  • Misalnya untuk power bank 5200mAh itu tentunya tidak murni 5200mAh kapasitasnya oleh karena adanya proses konversi tersebut.  Secara teori  sederhana nya boleh  dikatakan hanya (3,7v : 5v) x 5200mAh =3848mAh. Namun pengurangan kapasitas tersebut bisa bertambah lagi dengan adanya kemungkinan konversi  rangkaian komponen-komponen lain di dalam power bank tersebut,.
  • Kesimpulan dasarnya adalah power bank dengan kapasitas 5200mAh, daya optimal yang bisa digunakan hanya  sekitar 3000mAh-3500mAh (dengan catatan battery di dalam power bank tersebut benar-benar murni  5200mAh atau masih dalam kondisi prima.Karena  kapasitas battery itu akan menurun efisiensinya seiring dengan kinerja waktu dan berbagai faktor  lainnya)

Sumber : 
https://www.facebook.com/notes/signalcom-indonesia/seputar-info-tentang-power-bank/522771994446748

No comments:

Post a Comment