sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Sunday, July 9, 2023

Empat Cara Islam Untuk Mengatasi Kesulitan Hidup

Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan hidup. Dalam kehidupan, selalu ada kesulitan dan kemudahan. Jika kita mampu melewati kemudahan hidup dengan baik, mengapa kita tak bisa melewati kesulitan hidup dengan baik pula?

Allah Ta'ala berfirman :

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."(QS Al-Insyirah:5-6)


Berikut adalah beberapa cara untuk menghadapi kesulitan sesuai dengan anjuran dalam ajaran agama Islam:

Pertama, shalat lima waktu

Shalat lima waktu adalah cara terbaik untuk terhubung dengan Allah Swt. Sebab selain melaksanakan shalat, kita juga memanjatkan doa lima kali setiap hari. Sembari berdoa, kita bisa berbagi semua masalah kepada Allah Swt.

Firman Allah SWT :

: Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,"(QS Al-Baqarah : 45)


Kedua, membaca Al-Qur’an dengan terjemahan

Memanjakan diri dengan membaca Al-Quran dengan terjemahan dan tafsir akan memberikan pengetahuan dan panduan untuk masalah-masalah yang sedang dihadapi.

Sabda Rasulullah SAW:

”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)


Ketiga, berbagi masalah melalui doa

Jika kita tidak memiliki siapa pun untuk berbagi masalah atau merasa tidak nyaman untuk berbagi masalah dengan orang, cobalah untuk bercerita kepada Allah Swt.

Allah berfirman, 'Berdoalah kepada-ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina'." (QS Surat Ghafir, ayat 60)


Keempat, bersedekah

Beramal dalam bentuk apa pun harus menjadi kebiasaan. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Siapakah manusia yang paling dicintai Allah dan apakah perbuatan yang paling dicintai oleh Allah ? Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab : “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain, sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan kegembiraan kepada orang lain atau menghapus kesusahan orang lain, atau melunasi hutang orang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada mereka yang sedang kelaparan.” (HR. At-Thabrani)


Ya Allah Ya Tuhanku, semoga kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya selalu Engkau beri kemudahan dalam segala urusan kami.

Aamiin.

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment