SMK Negeri 2 Karanganyar adalah salah satu sekolah yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan yang sudah berdiri sejak tahun 1998. Sekolah ini mempunyai beberapa bidang keahlian salah satunya yaitu jurusan Rekayasa Perangkat Lunak yang terbentuk pada tahun 2008. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, SMK Negeri 2 Karanganyar mempunyai fasilitas yaitu berupa ruang kelas, labolatorium komputer, perpustakaan, Bengkel Ototronik, Bengkel Mesin serta Bengkel Teknik Pembuatan Kain.
Tahun 2020 merupakan era pandemi
Covid-19 yang sangat berdampak terhadap berbagai bidang. Akibatnya pemerintah
pusat mengeluarkan himbauan untuk social distancing untuk semua kegiatan
tak terkecuali kegiatan pendidikan. Awalnya, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan menetapkan untuk kegiatan pembelajaran diliburkan selama 2 minggu.
Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya kegiatan pembelajaran dilaksanakan di
rumah masing-masing secara daring (Antara, 2020).
Belajar dari rumah diterapkan ke seluruh
sekolah di Indonesia termasuk SMK Negeri 2 Karanganyar. Dengan begitu semua
mata pelajaran pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dilaksanakan secara
daring. Tentu saja hal
tersebut akan berdampak pada media dalam penyampaian
materi pelajaran dimana guru dan peserta didik tidak dapat melakukan pelajaran
secara tatap muka secara langsung begitu juga dengan kegiatan praktik yang
notabene membutuhkan pengawasan langsung oleh guru pengawas.
Untuk
melaksanakan pembelajaran jarak jauh, tentu saja memerlukan perangkat yang mendukung
sehingga pembelajaran bisa di lakukan. Perangkat pendukung yang dimaksud adalah gadget, kuota internet, keberadaan sinyal operator hingga listrik. Dari
111 sampel yang masuk, kondisi sarana penunjang pembelajaran jarak jauh siswa
kelas XI dan XII RPL SMK Negeri 2 Karanganyar dapat dilihat pada gambar berikut
:
Terlihat pada gambar di atas, masih
terdapat beberapa siswa yang tidak didukung oleh perangkat untuk pembelajaran
jarak jauh baik itu dari keberadaan kuota internet hingga sinyal operator.
Mata pelajaran Produk Kreatif dan
Kewirausahaan merupakan pelajaran dasar di tingkat SMK yang yang melatih
peserta didik agar dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kreatifitas,
jujur, bertanggung jawab, dan menyiapkan peserta didik dalam menghadapi
tantangan di dunia kerja. Untuk mengatasi masalah pembelajaran jarak jauh, mata
pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) khusunya Jurusan RPL menerapkan
pembelajaran secara daring menggunakan media video conference Microsoft
Teams 365 untuk pembelajaran tatap muka dan penggunaan E-Learning
berbasi web dalam penugasan (www.e-learning.teguhpriyanto.web.id). Penggunaan
kedua media pembelajaran tersebut diharapkan dapat mengatasi pembelajaran jarak
jauh dalam masalah penyampaian materi dan penugasan. Subekti (2020) mengatakan bahwa pemanfaatan video conference pada mata pelajaran
produktif dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran. Wijaya
(2011) juga mengatakan model pembelajaran e-learning berbasis web juga
dipandang sebagai sesuatu pembelajaran yang menyenangkan, dan mereka terlibat
langsung dalam pembelajaran dan pembentukan pengalaman belajarnya sendiri.
Gambar. Grafik
cara yang efektif dalam memahami materi pembelajaran
Bedasarkan survey yang penulis adakan,
didapatkan hasil yaitu 73,9% siswa berpendapat jika materi pelajaran akan mudah
dipahami jika dijelaskan. 35,1% siswa juga memahami materi lewat video rekaman,
dan 22,5% siswa akan mengerti jika diberikan materi melalui video conference.
Dari hasil tersebut, maka penulis memilih metode video conference untuk
penjelasan materi secara langsung dan e-learning sebagai pemberian
materi melalui modul dan penugasan.
Dari penjabaran sebelumnya, untuk
mengatasi permasalahan dari pembelajaran jarak jauh, penulis menerapkan media
pembelajaran video conference dan e-learning dalam mata pelajaran Produk Kreatif
dan Kewirausahaan.
Gambar. Suasana Video Converence
Gambar. Suasana e-learning
Bedasarkan
hasil observasi, penggunaan media video conference dan e-learning dalam
pembelajaran jarak jauh dapat diikuti oleh setidaknya 75% jumlah siswa per
angkatan. Dan setelah beberapa kali dilakukan video conference, jumlah siswa
yang mengikuti kegiatan tidak mengalami kekurangan. Oleh karena itu, media
pembelajaran ini menarik sebagian besar siswa kelas XI dan XII Jurusan RPL SMK
Negeri 2 Karanganyar.
Selain
itu, penggunaan e-learning dapat diikuti oleh 85% dari jumlah siswa per
angkatan. Dengan ini, didapatkan sebagian besar siswa dapat mengikuti
pembelajaran maupun penugasan dari e-learning.
Dimasa
pembelajaran jarak jauh, siswa SMK dituntut untuk belajar di rumah. Hal ini
menimbulkan beberapa permasalahan yang dihadapi oleh siswa SMK, seperti
perangkat pendukung yang kurang memadai, jenuh, hingga tidak mengerti materi
yang disampaikan oleh guru. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang
efektif agar siswa dapat tertarik dan tentu saja mengerti materi yang
disampaikan.
Dengan menggunakan media pembelajaran video conference Teams Microsoft 365 dan e-learning Moodle (www.e-learning.teguhpriyanto.web.id), siswa cukup antusias untuk bertatap muka langsung dengan guru dan mendapatkan penjelasan materi secara langsung. Siswa juga dapat mengakses materi dan penugasan dengan praktis dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Oleh karna itu, penulis menyimpulkan bahwa media video conference Teams Microsoft 365 dan e-learning Moodle (www.e-learning.teguhpriyanto.web.id) dalam pembelajaran jarak jauh dapat digunakan oleh siswa RPL SMKN 2 Karanganyar.
Maju terus untuk selalu upgrade diri dan jangan ragu lagi untuk memulai perubahan, jadikan diri anda bagian dari guru penggerak yang turut berkontribusi pada kemajuan pendidikan Indonesia
Referensi Lain :
Silahkan dapat juga belajar dari http://gurupenggerakindonesia.com/
#PGRI
#KOGTIK
#EPSON
#KSGN
Profil Penulis: PROFIL
TEGUH PRIYANTO, S.Pd.T.
Dilahirkan di kota Karanganyar, tepatnya Desa Klotok, Bolong, Karanganyar, Karanganyar, Jawa Tengah, pada tanggal 23 Mei 1978. Merupakan anak Pertama dari empat bersaudara dari pasangan Sarjono dan Sajiyem. Menempuh pendidikan dimulai dari SD Negeri 2 Sambirejo (lulus tahun 1990), SMP N 1 Jumantono (lulus tahun 1993), SMAN Jumapolo (lulus tahun 1996), IKIP/UNY Yogyakarta (lulus tahun 2003).. Penulis adalah Guru Tidak Tetap (GTT) SMK Negeri 2 Karanganyar, yang mempunyai hobby olahraga. Mempunyai Motto hidup "Hidup bermanfaat bagi orang di sekitarnya, agama , bangsa dan negara. Menjadi orang yang beruntung dunia akhirat."
Semoga Bermanfaat. Aamiin
aju terus untuk selalu upgrade diri dan jangan ragu lagi untuk memulai perubahan, jadikan diri anda bagian dari guru penggerak yang turut berkontribusi pada kemajuan pendidikan Indonesia
ReplyDeletekalimat hebat dari guru hebat.
salam kenal
https://www.gurusumedang.com/
Ya bunda ... terima kasih
DeleteSemoga bermanfaat bunda