sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Monday, September 25, 2023

Mengobati Penyakit Ananiah Dengan Ibadah yang Ikhsan dan Khusyuk

ANANIAH, artinya adalah sikap yang egois, mementingkan kepentingan diri sendiri abai pada kepentingan orang lain di sekitar. Ananiah ini berbahaya sebab bisa berkembang menjadi penyakit hati lainnya seperti takabur, bakhil, hasad dan sebagainya

Muhammad 'Imaduddin 'Abdulrahim dalam buku Kuliah Tauhid, menjelaskan sikap mementingkan diri ini memang sudah ada benihnya pada setiap pribadi.

Hak mementingkan atau mendahulukan kepentingan diri ini dianjurkan Allah agar disalurkan kepada usaha lebih mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub ila Allah) dengan 'ibadah yang lebih banyak dan lebih ikhlash. Usaha meningkatkan kualitas iman sedemikian sehingga mencapai tingkat taqwa yang istiqamah sangatlah digalakkan oleh Rasulullah SAW, dan diulang-ulang di dalam al-Qur'an

Di samping itu kita pun diwajibkan pula menghormati hak individu orang lain. Misalnya di dalam al-Qur'an diterangkan, bahwa jika akan berkunjung ke rumah orang lain, maka kita diharamkan memasuki rumah orang itu sebelum mendapat izin terlebih dahulu dari penghuni rumah.

Allah Ta'ala berfirman, 

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu masuki rumah yang bukan rumahmu, kecuali sesudah mendapat izin dari, dan sesudah mengucapkan salaam kepada penghuninya. Hal ini terbaik bagi kamu jika kamu mengerti. Sekiranya tidak Kamu dapati seorang pria pun di dalamnya, maka jangan kamu masuki sampai kamu mendapat izin, dan jika dikatakan kepadamu 'pergilah' maka hendaklah kamu pergi; yang demikian itu lebih bersih buat kamu, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tindak tandukmu." (QS An-Nur : 27-28)


Obat Sifat Ananiah ialah 'ibadah yang ikhsan dan khusyu', sehingga kita betul-betul bisa merasa ridha menerima ketentuan Allah terhadap diri kita masing-masing. Ibadah yang ihsan ini berfungsi membersihkan pribadi ini dari sikap ananiah ini.


Ya Allah Al Mujiib, berilah kekuatan kepad kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya untuk menjauhi sifat ananiah dengan beribadah secara ikhsan dan ikhlas.

Aamiin Ya Robbal'alamin

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment