A.
Kompetensi Dasar
3.18.
Menyeleksi strategi pemasaran
B.
Indikator
3.18.1. Mengidentifikasi Strategi Pemasaran
3.18.2. Menganalisis Strategi Pemasaran
C.
Materi Pokok
Strategi pemasaran yang Efisien
Strategi pemasaran perusahaan merupakan hal yang cukup mempengaruhi sales atau penjualan suatu produk. Penjualan merupakan faktor penting agar perusahaan dapat tetap berdiri. Tanpa adanya penjualan atau sales, suatu perusahaan dapat mengalami kerugian karena minimnya sumber daya.
Strategi Pemasaran Perusahaan
1.
Kenali Pelanggan
Hal yang
paling utama dalam melakukan pemasaran adalah riset pasar
(research market). Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menemukan dan memilih segmentasi pasar yang tepat sehingga produk Anda dapat bersaing dan berkembang pada pasar tersebut.
2.
Promosi
Setelah melakukan riset pasar, maka langkah selajutnya adalah melakukan promosi. Usahakan promosi dilakukan dengan cara yang kreatif sehingga dapat membuat pelanggan tertarik. Jangan lupa untuk melakukan promosi secara konsisten dan berulang kali. Anda
juga dapat melakukan promosi melalui media sosial.
3.
Memilih Tempat Usaha
Strategis
Pilihlah lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan hasil riset pasar yang
Anda lakukan sebelumnya. Selain lokasinya strategis, pastikan lokasi usaha Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Pemilihan lokasi usaha yang strategis dan tepat merupakan strategi pemasaran yang dapat menjaring cukup banyak pelanggan.
4.
Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan
Pelanggan adalah aset yang cukup berharga bagi perusahaan. Oleh karena hal itu, berilah pelayanan terbaik untuk pelanggan anda. Jalinlah hubungan baik dengan konsumen dengan menanggapi saran atau keluhan mereka. Jangan ragu untuk memberikan diskon ataupun hadiah kepada pelanggan setia anda. Jika anda melakukan hal tersebut, tak menutup kemungkin pelanggan akan merekomendasikan produk anda kepada orang
lain secara sukarela.
5.
Memanfaatkan Online/Internet
Marketing
Manfaatkanlah teknologi yang sudah ada dengan sebaik mungkin. Sebab, pemanfaatan teknologi secara optimal dapat menekan pengeluaran perusahaan. Salah satu metode internet marketing
yang dapat Anda terapkan adalah SEO (Search
Engine Optimization) ataupun SMO (Social
Media Optimization).
Strategi pemasaran untuk perkembangan usaha
Marketing merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika menjalankan sebuah usaha, baik usaha baru maupun usaha lama yang telah dirintis bertahun tahun lamanya. Sebelum menjalankan marketing, pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan konsep marketing serta strategi pemasaran yang efektif dalam menjual produk kita.
Dengan banyaknya usaha kecil yang bermunculan saat ini, maka perlu adanya strategi pemasaran yang tepat agar dapat menarik minat para konsumen. Meskipun sulit, namun jika anda fokus dalam merencanakan strategi pemasaran tersebut, maka bukan tidak mungkin usaha kecil Anda dapat tumbuh berkembang menjadi besar.
Pada umumnya, usaha kecil mempunyai anggaran marketing
yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan usaha berskala besar. Dengan anggaran yang minim
tersebut tentunya anda harus lebih kreatif dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.
Cara yang dapat anda lakukan dalam mengoptimalkan pemasaran meskipun dengan dana
yang terbatas :
·
Melakukan kerja sama dengan pengusaha atau rekan anda dalam pemasangan iklan seperti mengirimkan penawaran produk kepada para pelanggan atau memberikan potongan harga bagi pembelian paket tertentu.
·
Memperkenalkan produk dan usaha anda melalui beberapa media gratis.
Hal ini bertujuan untuk membantu pencarian para konsumen mengenai produk apa saja yang anda tawarkan, seperti publikasi melalui internet dengan melibatkan lingkungan yang berada di sekitar usaha Anda, dan
lain-lain.
Strategi Pemasaran yang Efektif
Dalam menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil, anda perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain yaitu:
1.
Konsistensi
Konsistensi dibutuhkan pada semua area marketing.
Tujuannya agar dapat membantu mengurangi biaya marketing serta meningkatkan efektivitas penciptaan merek.
2.
Perencanaan
Dalam
menjalankan konsep marketing untuk usaha kecil, maka perlu perencanaan yang
matang agar memperoleh banyak pelanggan. Karena itu, luangkan waktu sebanyak
mungkin untuk merencanakan strategi marketing yang efektif, anggaran marketing
yang dibutuhkan, serta konsep-konsep lainnya agar usaha kecil Anda dapat
berkembang dengan pesat.
3.
Strategi
Strategi adalah
dasar bagi kelanjutan kegiatan marketing yang telah direncanakan sebelumnya.
Beberapa hal yang biasanya dibahas saat menyusun rencana strategi adalah siapa
target pasar, bagaimana cara membidik pelanggan, serta bagaimana cara menjaga
agar konsumen yang ada menjadi pelanggan tetap.
4.
Target Market
Definisikan
secara tepat pangsa pasar apa yang sedang dituju. Caranya dengan memilih satu
atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki. Hal ini bertujuan untuk memperjelas
target pasar seperti apa yang ingin Anda masuki sehingga konsep marketing yang
ingin Anda buat lebih mudah untuk dilaksanakan.
5.
Anggaran
Ini merupakan
bagian paling berat sebab membutuhkan tingkat keakuratan yang tepat dalam
menghitung anggaran marketing yang dibutuhkan. Sebab dari anggaran yang telah
dibuat tersebut, dapat menentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan
pemasaran.
6.
Marketing Mix
Marketing mix
pada umumnya dijelaskan sebagai produk, harga, tempat serta promosi. Sebagai
pengusaha, tentunya Anda perlu memutuskan secara spesifik produk atau jasa,
berapa harga yang sesuai, bagaimana dan dimana Anda akan mendistribusikan
produk yang Anda butuhkan, serta bagaimana cara agar orang lain dapat
mengetahui mengenai produk apa yang sedang Anda tawarkan. Anda juga dapat
menggunakan jasa perusahaan digital marketing untuk memasarkan produk
Anda.
7.
Website
Sekarang ini,
semua usaha bisnis membutuhkan website untuk memberikan informasi mengenai
produk yang sedang Anda tawarkan, sebab hampir 60 persen konsumen yang datang
mendapatkan informasinya melalui internet.
8.
Branding
Branding
merupakan proses yang menentukan apakah konsumen menerima produk dari
perusahaan yang membuatnya. Usaha kecil tentunya membutuhkan brand, mulai dari
gambar, logo serta produk unggulan yang dihasilkannya agar dapat dikenal oleh
masyarakat sehingga semakin berkembang.
9.
SNS Operation
SNS operation
merupakan salah satu strategi yang menggunakan media sosial untuk melakukan
promosi dan iklan. Melakukan hal ini cukup mudah, Anda hanya perlu membuat
suatu akun media sosial dan melakukan promosi dengan konten yang menarik. Jika
perlu gunakan juga media yang berbayar untuk meningkatkan tingkat kunjungan ke
media sosial Anda, seperti Keyword Planner, Facebook Ads, Twitter Ads,
Instagram Ads dan lain-lain.
Jika Anda memerlukan
bantuan untuk meningkatkan jumlah prospek atau konversi dengan menggunakan
iklan, strategi pemasaran digital, pemasaran melalui media social, dll. Logique
Digital Indonesia akan menyediakan layanan yang efektif bagi Anda dan
perusahaan Anda.
10. Customer Relationship Management
Untuk dapat
menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten, tentu membutuhkan pengelolaan
hubungan yang baik dengan para pelanggan. Anda tentunya tidak mau pelanggan
Anda lari ke perusahaan lainnya. Karena itu, buatlah pengelolaan hubungan yang
baik dengan pelanggan, seperti membuat kartu member khusus pelanggan dan
memberikan potongan harga bagi para member tersebut.
11. Mobile Marketing
Dengan
meningkatnya pengguna ponsel pintar dan tablet tentunya membuat pesan pemasaran
dan konten untuk platform mobile merupakan suatu keharusan. Hal itu dikarenakan
semakin banyaknya konsumen yang melihat konten, menerima email serta membeli
produk menggunakan smartphone ini.
Referensi lain :
3.11. Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal
3.12. Menerapkan proses produksi massal
3.13. Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa
3.14. Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
3.15. Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
3.16. Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa.
3.17. Menentukan media promosi
3.18. Menyeleksi strategi pemasaran
3.19. Menilai perkembangan usaha
Bagus banget, sangat membantu guru yang lain
ReplyDelete