sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Wednesday, May 17, 2023

Apakah Semua Maksiat itu Diakibatkan Ulah Setan?

Mungkin kita selama ini menganggap bahwa maksiat dan segala perbuatan dosa yang telah diperbuat itu semuanya karena tergoda bisikan setan. Lantas apakah setan harus terus disalahkan atas dosa maupun maksiat yang dilakukan seorang Muslim?


Syekh Ali Jumah, menjelaskan tidak semua dosa dan kemaksiatan yang dilakukan seorang Muslim itu karena setan. Meskipun, setan memang menjadi salah satu faktornya.

Namun, Syekh Jumah menekankan, setan hanya membisikkan secara sembunyi-sembunyi agar manusia melakukan perbuatan dosa. Sedangkan yang memerintahkan untuk berbuat dosa itu ialah diri manusia sendiri.


Maka, jika ada seorang Muslim yang mengulangi perbuatan dosanya, itu karena diri Anda sendiri. "Karena jiwa adalah pemimpin, yang artinya Andalah yang mengulanginya dan bersikeras padanya," jelasnya.

Kemampuan menggoda lebih besar dimiliki jiwa ketimbang setan. Namun, setan melemparkan godaan-godaan kepada manusia untuk berbuat buruk lalu pergi begitu saja. 


Setan menggoda manusia yang sedang lemah. 

Karena itu, jiwalah yang menentukan seseorang jatuh pada keburukan atau ketakwaan.

Allah SWT berfirman: 

"Dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya). Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu. Dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya." (QS Asy Syams ayat 7-10)


Ya Allah Ya Tuhanku, lindungi kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya dari bisikan² setan dan lindungi kami dari siksa api neraka.

Aamiin.

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

 

No comments:

Post a Comment