sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Sunday, May 14, 2023

Tiga Pintu Kebaikan

Sesungguhnya diantara nikmat yang paling besar kepada kita adalah dibukakannya berbagai macam pintu‐pintu kebaikan. Dan sesungguhnya pintu kebaikan yang disediakan untuk orang beriman itu banyak. Diantara pintu kebaikan adalah apa yang disabdakan oleh Nabi SAW :

 “Maukah engkau aku tunjukkan pintu‐pintu kebaikan? Puasa adalah perisai, sedekah memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan shalat seseorang di tengah malam.”  


Pintu‐pintu kebaikan yang dtunjukkan oleh hadits di atas ada tiga ;

1. Puasa

Di antara nikmat yang besar yg Allah berikan kepada kita adalah bahwa kita diwajibkan puasa sebulan penuh dibulan Ramadhan. Ini adalah nikmat yang agung. Karena dg puasa Allah gugur‐kan dosa‐dosa kita, dengan puasa Allah SWT angkat derajat kita. 

Rasulullah SAW bersabda:   

”Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni”. (HR. Bukhari & Muslim)


2. Sedekah

Sedekah itu bisa memadamkan dosa sebagaimana air bisa memadamkan api. Oleh karena itulah Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang berinfak dijalan Allah. Sedekah akan menjadi tudung/naungan dihari kiamat, disaat matahari sangat dekat diatas kepala manusia.

Rasulullah SAW bersabda,

“‘Setiap orang berada dibawah naungan sedekahnya hingga manusia diadili oleh pengadilan Allah’ (HR Ibnu Khuzaimah)

Pada ayat terakhir surat al‐Munafiqun diceritakan  bahwa seseorang yang telah meninggal   berharap bisa kembali ke dunia untuk bisa bersedekah saat melihat besarnya pahala sedekah


3. Shalat malam

Qiyâmul lail juga menghapuskan kesalahan‐kesalahan karena qiyâmul lail adalah shalat sunnah terbaik. Rasulullah tdk pernah meninggalkannya meskipun beliau sedang safar. Rasulullâh bersabda,

“Hendaklah kalian mengerjakan qiyâmul lail, karena qiyâmul lail adalah kebiasaan orang‐orang shalih sebelum kalian, ibadah pendekat kepada Allah Azza wa Jalla , pencegah dari dosa, penghapus kesalahan‐kesalahan, dan pengusir penyakit dari badan“ (HR. at‐Tirmidzi)


Ya Allah Ya Tuhanku, semogalah kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya diberi kekuatan agar bisa istiqomah dalam menjalankan tiga pintu kebaikan sepanjang hidup kami.

Aamiin.

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment