sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Saturday, July 8, 2023

Tiga Wasiat Nabi Dalam Habluminallah dan Habluminannas

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda, “Bertakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskan (keburukan). Dan pergauilah manusia dengan akhlak yang mulia." (HR. At-Tirmidzi).

Hadits di atas mengandung 3 wasiat Nabi yang sangat penting, yakni wasiat tentang hubungan secara vertikal manusia kepada Allah (habluminallah) dan hubungan secara horizontal sesama manusia (habluminannas).

1. Perintah bertaqwa kepada Allah dimanapun berada

Takwa yang diperintahkan Rasulullah SAW tidak mengenal tempat. Bertakwalah di mana pun berada, baik saat sunyi sendirian terlebih lagi ketika berada di tengah keramaian. 

Imam Syafi’i ra berkata:

“Perkara yang paling berat itu ada 3, dermawan saat memiliki sedikit harta, meninggalkan hal yang haram saat sendirian dan mengatakan kebenaran saat berada di dekat orang yang diharapkan kebaikannya atau ditakuti kejahatannya" (Jami’ Ulum wa Hikam 2/18).


2. Tidak menunda melakukan amal sholeh

Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW berwasiat agar bersegera melakukan kebaikan tatkala terjerumus dalam keburukan. Hadits ini menjelaskan perintah untuk segera bertaubat kepada Allah. Karena taubat merupakan amal shalih yang paling mulia dan harus disegerakan pengerjaannya.

Allah Ta’ala berfirman,

“Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman agar kamu beruntung." (QS. An-Nur: 31)

Sabda Rosulluloh SAW

“Shalat 5 waktu, dari Jumat ke Jumat selanjutnya, serta Ramadhan ke Ramadhan adalah sebagai penghapus dosa di antara waktu itu, selama menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim).


3. Memiliki Akhlak Mulia

Memiliki akhlak mulia dalam hubungan sesama manusia. Contoh yang paling mudah dalam berakhlak mulia yaitu senyuman yang diiringi wajah yang berseri 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling bagus akhlaknya." (HR. At-Tirmidzi).


Ya Allah Ya Yuhanku, berilah kemampuan kepada kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya untuk menjaga 3 wasiat hablumminallah dan hablumminannas. Sehingga kami dapat menjadi insan yang dicintai oleh Allah, Rasulullah dan teman/saudara kami.

Aamiin.

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment