sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Saturday, August 26, 2023

Meredam Gelisah Hati

Tahukah sesuatu yang paling banyak menyita pikiran waktu dan tenaga; yang berakibat mengurangi kemampuan akal dan merusak ibadah? Itulah perasaan cemas terhadap sesuatu yang belum terjadi, yang berkaitan dengan urusan duniawi . 

Rasa cemas berpangkal pada belum mantapnya keyakinan bahwa segala kejadian yang menimpa mutlak datangnya dari Allah.

Allah Ta;ala menegaskan dalam firman-Nya: “Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan jangan pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.” (QS. al-Hadid : 22-23).

Jelaslah sesungguhnya setiap kejadian yang kita alami tidak akan lepas dari ketentuan dan izin Allah Ta’ala. 

Oleh karena itu, tidak ada kecemasan dan kegelisahan saat suatu kejadian menimpa jika iman telah kuat.

Akan tetapi kebanyakan dari kita ternyata amat sibuk dengan pikiran yang mencemaskan perbuatan-perbuatan makhluk dan mengharapkan datangnya bantuan makhluk. Padahal sudah jelas tidak ada satu pun yang dapat menimpakan bencana atau mendatangkan manfaat selain dengan izin-Nya.

Allah Ta'ala berfirman, 

“Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Yunus : 107).

Ya Allah Al Wahhaab, berilah kekuatan kepada kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya agar terhindar dari perasaan gelisah hati yang dapat merusak ibadah kami.

Aamiin Ya Robbal'alamin.

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment