sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Thursday, August 3, 2023

Rasulullah Membagi Manusia Menjadi 4 (empat) Kelompok, Apa Saja?

Allah Ta'ala berfirman: "Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama ( Islam ), (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS Ar-rum: ayat 30)

Dalam satu riwayat Ahmad, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membagi manusia menjadi 4 kelompok: Sesungguhnya dunia itu hanya diberikan kepada empat kelompok:

1. (Kelompok pertama)

yaitu, seorang hamba yang diberi rezeki oleh Allah berupa harta dan ilmu. Dia bertaqwa kepada Allah dengan hartanya, menyambung tali silaturrahim, dan mengetahui hak-hak Allah di dalamnya. 

Inilah kedudukan yang paling baik di sisi Allah. 


2. (Kelompok kedua) 

yaitu, diberi ilmu oleh Allah namun tidak diberi harta. Dia berkata, ’jika aku memiliki harta, maka aku akan beramal seperti amalnya fulan’. Maka dengan niatnya itu, dia sama dengan kelompok pertama dari sisi pahalanya. 


3. (Kelompok ketiga) 

yaitu, diberi harta oleh Allah namun tidak diberi ilmu. Dia seenaknya saja memanfaatkan hartanya, tidak bertaqwa kepada Allah dengan hartanya, tidak menyambung tali silaturrahim, dan tidak mengetahui hak-hak Allah di dalamnya. Ini adalah kelompok yang paling buruk di sisi Allah. 


4. (Kelompok keempat) 

yaitu, tidak diberi harta dan ilmu. Dia berkata, 'seandainya aku mempunyai harta, maka aku akan beramal seperti amalnya fulan'. Maka dengan niatnya itu, dia sama dengan kelompok ketiga dari sisi dosanya." (HR Ahmad)


Imam asy-Syafi'i rahimahullahu berkata: "Barang siapa yang menginginkan dunia, maka hendaklah dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan Akhirat, maka hendaklah dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu."


Ya Allah Ya Tuhanku, semoga harta dan ilmu yang Engkau anugerahkan kepada kami, keluarga, sahabat dan keluarga nya, bisa menjadikan kami selamat dunia akherat.

Aamiin Ya Robbal'alamin.

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment