sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Saturday, December 30, 2023

Inilah Nestapa Manusia di Padang Mahsyar

Catatan 23 November 2023


Seluruh manusia kelak di hari kiamat , akan digiring ke padang mahsyar dengan berbagai kondisi yang berbeda sesuai dengan amalnya. 

Ustadz Abu Bassam Oemar Mita menggambarkan bagaimana nestapa manusia dan jin di padang mahsyar ini. Berikut penjelasannya:

1. Tidak berpakaian

Seluruh manusia dan jin, sejak zaman nabi Adam dan iblis hingga manusia dan jin yang terakhir kali meninggal pada tiupan sangkakala yang pertama, digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar. Mereka tidak mengenakan sehelai kain pun, tidak beralas kaki dan dalam keadaan belum dikhitan, was-was menunggu keputusan nasibnya di hadapan Allah. 

"Manusia dikumpulkan pada hari kiamat dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang dan kulup." (HR. Muslim)


2. Matahari didekatkan

Pada saat itu matahari didekatkan dia atas kepala mereka sejarak satu mil. Panas teriknya membakar kulit hamba, hingga keringat mereka bercucuran deras membenam sebagian atau bahkan seluruh tubuh mereka

Dari Abu Hurairah ra bahwasannya Rasulullah Saw bersabda, "Pada hari kiamat manusia berkeringat, hingga keringat mereka di bumi setinggi tujuh puluh hasta dan menenggelamkan mereka hingga telinga." (HR. Bukhari). 


3. Seribu tahun di dunia satu hari di akhirat

Setiap orang menunggu giliran untuk dipanggil, diadili dan menunggu keputusan Allah, padahal satu hari di akhirat adalah sama dengan 1000 tahun di dunia.

Sebagaimana dijelaskan oleh Allah Ta'ala dalam firman-Nya: "Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu." (QS. Al-Hajj: 47)


Ya Allah Yang Maha Suci, semogalah kami, kel, shbt dan kel.diberi keselamatan di dunia dan di akhirat kelak.

Aamiin Ya Robbal'alamin

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment