sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Saturday, December 30, 2023

Inilah Saksi Kita di Hari Akhir

Catatan 20 November 2023


Renungan agar setiap muslim bisa mengambil langkah yang baik dengan kembali kepada Allah SWT

Pertama, bumi yang kita pijak

Allah berfirman: “Pada hari itu bumi akan menceritakan semua beritanya”(QS Al Zalzalah :4)

Ibn Katsir menyatakan, “Menceritakan seluruh yang dilakukan manusia ketika berada di punggung bumi”.


Dalam hadits yang bersumber dari Abu Hurairah, Tatkala Rasulullah saw selesai membaca ayat tersebut beliau bertanya: “Tahukah apa yang diberitakan bumi? Para sahabat berkata, “Hanya Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu”

Beliau bersabda: “Sesungguhnya yang diberitakannya adalah seluruh yang dilakukan hamba tatkala masih berada di atas bumi. Bumi menyatakan, “Dia mengerjakan ini dan itu, pada hari ini dan itu. Itulah yang dimkasud dengan berita-beritanya”. (HR. Tirmidzi).


Kedua, malaikat pencatat amal

Allah Ta'ala berfirman: “Padahal Sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu). Yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu). Mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS Al Infithar :9-11)

Ayat ini menjelaskan bahwa seluruh perbuatan manusia baik yang besar maupun yang kecil akan dicatat oleh malaikat. Hal ini diperkuat dengan firman Allah: “Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat)”(QS Qaf :18)


Ketiga, anggota tubuh kita

Anggota tubuh manusia akan menjadi saksi tatkala di hari akhir, hal ini sebagaimana firman Allah SWT : “Pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan (20) 

Dan mereka berkata kepada kulit mereka: Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?” Kulit mereka menjawab: “Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata...”.(QS Fushilat : 20-21)


Keempat, Allah

Allah SWT adalah sebaik-baik saksi, Dzat yang Maha Mendengar dan Mengetahui, Dia mengetahui seluruh gerak gerik hamba demikian juga dengan tatapan mata hamba. Allah SWT berfirman:  “Dia mengetahui pandangan mata yang khianat dan (mengetahui) apa yang disembunyikan dalam hati”.(QS Al Ghafir :19)


Ya Allah Yang Maha Pengasih, berilah kemampuan kpd kami, kel, shbt dan kel nya untuk selalu dapat berhati-hati dalam bertidak, berkata dan senantiasa bertaqwa dengan sebenar-benarnya agar selamat saat kembali kepada-Mu.

Aamiin Ya Robbal'alamin

Silahkan yang mau lagi membaca materi ibadah, dapat langsung klik label ibadah. Atau dapat klik disini.

No comments:

Post a Comment