sponsor

sponsor

Slider

Slider
teguhpriyanto. Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Pengantar

Ini blog bisnis dan pendidikan...
Mohon bantuannya untuk koreksi dan perbaikan serta tambahan materi....
Jangan lupa untuk like blog ini dengan cara klik G+ warna biru...
Mari berkembang dan maju bersama...terima kasih

Technology

Technology

Games

Games

Friday, March 22, 2024

Keutamaan Shalat Rawatib

Shalat sunnah Rawatib merupakan shalat sunnah yang dilakukan sebelum atau sesudah shalat lima waktu.

Beberapa keutamaanya :

*1. Lebih Baik dari pada Dunia dan Seisinya*

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya:

Dari Aisyah r.a bahwa Nabi SAW bersabda :” Dua raka’at fajar (salat sunnat yang dikerjakan sebelum shubuh) itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. “(HR Muslim)


*2. Akan Dibangunkan Rumah Baginya di Surga Kelak*

Dari Ummu Habibah Radhiallaahu anha , ia berkata: “Aku telah men-dengar Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa salat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum salat Subuh."(HR. At-Tirmidzi)


*3. Diharamkan Baginya Api Neraka*

Dari Ummu Habibah ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda, ‘Barangsiapa yang menjaga empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, Allah mengharamkannya dari api Neraka.”(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)


*4. Diberi Limpahan Rahmat*

Banyak amalan yang bisa melancarkan pemberian rahmat dari Allah SWT untuk kaum muslimin. Salah satunya adalah dengan melaksanakan shalat sunnah rawatib. 


*5. Menutup kekurangan dalam shalat wajib*

Seseorang dalam shalat wajibnya kadangkala ada kekurangan. 

Untuk menutup kekurangan ini, disyari’atkanlah shalat sunnah. Nabi saw bersabda,

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah? Jika ia memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan shalat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.”(

HR. Abu Daud dari Abu Hurairah)

 

Ya Allah Ya Tuhanku, berilah kemampuan kpd kami, kel, shbt dan kel nya untuk dapat menjalankam shalat rawatib dengan istiqomah... Aamiin

No comments:

Post a Comment